loading...
loading...
anak

BETAPA indah manakala sang ayah mengumpulkan anak-anaknya untuk membacakan kepada mereka ayat-ayat al-Quran dengan sedikit keterangan, lalu memberikan hadiah-hadiah bagi yang bisa menghafalkannya.

Seorang anak yang masih kecil bisa juga menghafal surat al-Kahfi karena ayahnya selalu mengulang-ulang bacaan ayat tersebut setiap hari jumat. Demikian juga dengan mengajari anak dasar-dasar akidah Islam seperti yang termuat dalam hadits:
“Jagalah Allah, niscaya Allah menjagamu.” (HR. at-Tirmidzi)
Dan mengajari mereka adab (akhlak) serta doa-doa. Seperti doa makan, tidur, bersin, juga membiasakan salam dan minta izin.
Termasuk yang amat menarik dan berpengaruh besar terhadap anak adalah dengan menceritakan dan memperdengarkan kepada mereka kisah-kisah Islami.
Di antara kisah-kisah itu adalah kisah Nabi Nuh dan banjir topan, kisah Nabi Ibrahim yang menhancurkan berhala-berhala dan lain sebagainya. Juga kisah-kisah orang-orang shalih terdahulu. Seperti cerita para sahabat dan para tabiin.
Dengan kisah-kisah tersebut akan membangun karakter anak dan menanamkan akidah dalam diri anak tanpa ia sadari. Ketika ia mengetahui kisah-kisah para Nabi dengan baik, setidaknya ia akan tertanam dalam dirinya bahwa setiap dari kita membutuhkan perjuangan untuk mendapatkan sesuatu. 
loading...

ADS

4/ 5
Oleh

4 comments

October 1, 2015 at 12:20 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 1, 2015 at 12:27 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 1, 2015 at 12:29 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 1, 2015 at 4:13 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...