7 Bahan Alami Penyedap Rasa yang Aman bagi Tubuh Sebagai Pengganti MSG. WAJIB TAU!!

7 Bahan Alami Penyedap Rasa yang Aman bagi Tubuh Sebagai Pengganti MSG. WAJIB TAU!!

loading...
loading...
Seperti kita ketahui MSG mempunyai efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, Bahaya MSG dapat kita hindari dengan menggantinya dengan penyedap alami yang tak kalah sedapnya. Mari kita simak apa saja penyedap alami tersebut.

Berikut adalah Penyedap Rasa Alami untuk pengganti MSG


Terasi 

Terasi merupakan zat cita rasa alami yang dihasilkan dari bubuk ikan dan udang kecil yang dibumbui sedemikian rupa sehingga memberi rasa sedap yang khas. Biasanya terasi digunakan untuk membuat sambal, tetapi terasi juga bisa digunakan untuk sayuran seperti tumis kangkung, tumis bayam, tumis brokoli, sayur asam, dan  nasi goreng.

Sosis Sapi

Sosis sapi dapat dijadikan penyedap alami pengganti daging, tentunya Anda harus pastikan bahwa sosis tersebut bukan sosis yang mengandung bahaya MSG. Sosis sapi biasanya sudah mengandung garam, daging, dan kaldu.

Cara mengolah sosis sapi untuk dijadikan penyedap adalah dengan cara memotong tipis-tipis lalu dimasukan pada masakan. Tanpa MSG yang banyak, masakan Anda pun sudah nikmat dan Anda serta keluarga dapat terbebas dari bahaya MSG.

Keju

Keju tidak hanya kaya nutrisi, tapi juda bisa dijadikan bahan penyedap alami untuk mengganti MSG. Keju secara alami memiliki rasa asin yang melekat yang bisa dijadikan sebagai pengganti bahaya MSG.

Bagaimana caranya? Cukup parut keju dengan parutan halus dan masukkan pada masakan tanpa menambahkan garam lagi. Masakan Andapun sudah bebas dari bahaya MSG.

Daun Pandan

Daun Pandan memang mempunyai aroma yang khas yang dapat menambah aroma lezat dan cita rasa makanan. Daun pandan dapat dijadikan sebagai penyedap alami, bukan hanya sekedar penyedap alami saja, daun pandan pun bisa dijadikan sebagai pewarna makanan yang alami. Biasanya pandan diolah pada pembuatan bubur kacang hijau, kolak, dan gula merah cair. Caranya hanya dimasukkan kedalam masakkan yang sedang direbus diatas api. Dalam resep yang berbahasa inggris daun pandan disebut sebagai “screwpine leaf”.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan pemberi rasa sedap alami yang paling banyak digunakan. Cara membuat bawang putih untuk bahan penyedap alami pengganti MSG yaitu dengan memarkan bawang putih yang telah dikupas, dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya.

Bawang putih juga bisa dihaluskan, kemudian ditumis agar lebih merata dengan bahan lainnya. Cara lainnya adalah dengan membuat bubuk bawang putih goreng

Tempe

Tempe merupakan makanan sehat yang memiliki sumber protein dan kalsium yang tinggi, karena tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan. Tempe juga bisa dijadikan sebagai bahan penyedap rasa alami, jika Anda ingin membuatnya sebaiknya ambil tempe yang belum diolah atau di bumbui, dan cukup potong-potong kecil tempe segar tersebut. Padukan tempe tersebut dengan tumisan kangkung dan tumisan sayuran lainnya, maka masakkan Anda akan terasa lebih gurih. Jangan lupa tambahkan sedikit lada putih.

Kaldu Ayam

Kaldu ayam atau sapi dibuat dari tulang belulang atau daging yang direbus dalam air selama beberapa waktu. Ternyata kaldu ayam/sapi ini bisa dijadikan bahan penyedap alami untuk pengganti MSG dan pengganti penggunaan garam. Caranya, rebus tulang dengan api kecil selama 1-3 jam. Air kaldu bisa dikemas dalam plastik-plastik kecil lalu dimasukkan dalam freezer agar dapat digunakan saat doperlukan. Kaldu ini sangat pas untuk semua makanan, bunda juga bisa menambahkan beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat, sebagai catatan, sayuran harus dipotong besar besar karena akan dimasak dalam waktu lama.
loading...

ADS

7 Bahan Alami Penyedap Rasa yang Aman bagi Tubuh Sebagai Pengganti MSG. WAJIB TAU!!
4/ 5
Oleh

5 comments

October 5, 2015 at 9:43 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 5, 2015 at 9:45 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 5, 2015 at 1:43 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 5, 2015 at 5:05 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 5, 2015 at 5:06 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...