Isi Sarung Bantal Anda dengan Daun Pakis Ketika Hendak Tidur, Inilah Manfaatnya!

Isi Sarung Bantal Anda dengan Daun Pakis Ketika Hendak Tidur, Inilah Manfaatnya!

loading...
loading...
9Trendingtopic - Anda pasti tahu tumbuhan pakis, pakis adalah nama lain dari tumbuhan paku, tumbuhan berpembuluh yang memperbanyak diri  dengan spora. Tanaman pakis tumbuh di daerah kering dan lembab dan di bawah lingkungan yang teduh. Saat musim seminya, pakis akan mengeluarkan tunas daun muda yang masih kuncup. Daun pakis muda ini biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran.

Tahukah anda bahwa ternyata daun pakis banyak manfaatnya untuk kesehatan, baik digunakan dengan cara dikonsumsi dalam bentuk masakan sayur maupun digunakan sebagai obat luar.

Sebagai jenis sayuran yang dapat dikonsumsi dengan mudah, pakis ternyata memiliki banyak sekali kandungan gizi dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Selain itu, pakis juga ternyata bisa digunakan sebagai obat luar, salah satunya bisa anda coba buktikan tips berikut:
  1. Ambil beberapa helai daun pakis yang agak tua dan keringkan dengan cara dijemur
  2. Malam sebelum tidur, masukkan daun pakis kering tersebut kedalam sarung bantal atau di bawah kain sprei
  3. Gunakan bantal tersebut untuk tidur dengan bagian bantal yang berisi daun pakis berada di bagian atas dan menempel ke kepala.



Berikut ini beberapa manfaat dan efek yang akan anda rasakan ketika bangun pagi:

Menghilangkan kutu dan tungau.
Kutu kasur atau kutu busuk merupakan serangga dengan ukuran yang sangat kecil yang senang menggigit kulit bahkan menghisap darah manusia, mereka biasanya terdapat di sela-sela kasur atau bantal. Kutu busuk ini menggigit kulit sewaktu Anda tertidur entah siang atau malam. Jika sudah tergigit oleh kutu busuk ini kulit akan bentol dan gatal disertai dengan rasa panas yang sangat tidak nyaman. Dengan menyelipkan daun pakis kering di sarung bantal dan sprei, kutu busuk akan keluar dari persembunyiannya dan menghindar menjauh dari bantal, sprei dan kasur anda.

Menghilangkan pegal dan membuat otot lebih rilex.
Bagi anda yang pada siang harinya melakukan aktifitas berat seperti olah raga maupun aktifitas lain yang menyebabkan otot-otot tubuh anda terasa begal dan letih, tidur dengan bantal atau kain sprei yang diisi daun pakis kering ini akan merasakan efek lebih segar ketika bangun tidur.
Rasa sakit dan pegal yang mungkin anda derita pada bagian leher, otot punggung dan otot betis akan hilang dengan lebih cepat tanpa perlu dipijat.

Daun pakis kering juga bisa diselipkan langsung kedalam sepatu untuk mengurangi kelelahan pada kaki ketika anda melakukan perjalanan jauh atau mendaki gunung.

Menyembuhkan sakit kepala dan sakit gigi. 
Sakit kepala yang anda derita akan cepat sembuh bahkan hilang sama sekali ketika bangun tidur. Daun pakis kering juga berfungsi sebagai obat luar bagi anda penderita sakit gigi, tidurlah dengan posisi pipi pada bagian gigi yang sakit menempel pada bantal. Efek ini akan lebih terasa jika daun pakis kering ditempel langsung ke pipi atau bagian belakang kepala bagian bawah ketika anda tidur dengan durasi tidur minimal 4 jam.

Selain dengan cara tadi, daun pakis juga bisa digunakan untuk penyembuhan keluhan lain dengan cara berbeda:

Menyembuhkan Radang Gangren.
Gangren disebabkan karena kematian jaringan tubuh, salahsatu penyebabnya adalah diabetes. Ambil beberapa daun pakis segar dan tumbuk halus, tempelkan pada luka gangren, lakukan dengan rutin. dalam beberapa hari radang gangren akan mengering.

Menyembuhkan kram dan keseleo
Untuk menyembuhkan kram dan keseleo bisa menggunakan pakis yang masih segar tanpa harus dikeringkan, remas-remas pakis segar tadi dan langsung dibalurkan pada otot yang mengalami kram atau keseleo. Rasa sakit mungkin akan terasa lebih kuat dan sedikit hangat untuk beberapa waktu setelah dibaluri, tetapi akan segera hilang!

Menyembuhkan Rhematik
Untuk upaya penyembuhan rhematik, gunakan daun pakis dengan cara ditumbuk halus dan diperas diambil airnya lalu dicampurkan pada air yang akan digunakan untuk mandi. Atau menggunakan bagian akarnya, keringkan akar pakis dengan cara dijemur lalu rendam dengan sedikit air selama 12 jam, gunakan air tersebut untuk memijat tubuh.

Itulah beberapa manfaat lain pakis untuk kesehatan. Cara ternikmat memperoleh manfaat pakis tentu dengan cara mengkonsumsi sayurnya yang rasanya memang enak, namun cara-cara diatas juga perlu anda coba karena cukup mudah dengan efek manfaat yang melimpah.

Selamat mencoba, silakan bagikan jika perlu, semoga bermanfaat.
loading...

ADS

Isi Sarung Bantal Anda dengan Daun Pakis Ketika Hendak Tidur, Inilah Manfaatnya!
4/ 5
Oleh

9 comments

October 29, 2015 at 10:51 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 30, 2015 at 5:50 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 30, 2015 at 5:53 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 30, 2015 at 8:41 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
November 4, 2015 at 11:47 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
November 14, 2015 at 6:32 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
November 27, 2015 at 1:07 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 21, 2016 at 12:06 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
February 14, 2016 at 8:38 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...