JANGAN ISI ULANG Botol Plastik Bekas Air Minum! INI BAHAYANYA

JANGAN ISI ULANG Botol Plastik Bekas Air Minum! INI BAHAYANYA

loading...
loading...

9Trendingtopic - Banyak botol air minum yang terbuat dari plastik mencantumkan kode label yang menginformasikan bila botol itu tidak disarankan untuk di isi lagi. Hal semacam ini butuh di perhatikan lantaran paket plastik yang disebut di buat cuma untuk sekali pakai serta janganlah dipakai berulang-kali untuk wadah minuman.

Banyak orang tidak paham serta tak perduli dengan label itu. Biasanya label pada botol paket plastik itu berbentuk logo serta angka-angka yang memanglah sedikit di ketahui oleh orang-orang juga sebagai customer. Di bawah ini beragam jenis type plastik yang butuh di ketahui.

BERBAGAI MACAM PLASTIK

Biasanya plastik paket mempunyai kode sebagai berikut ini, serta pada paket berupa botol kode itu umumnya terdapat dibagian bawah.

1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) labelnya berbentuk angka 1 dalam segitiga umum digunakan untuk botol plastik yang transparan/tembus pandang seperti botol air mineral. Botol-botol dengan bahan ini direferensikan cuma untuk sekali gunakan. Janganlah digunakan untuk menaruh air hangat terlebih panas.

2. HDPE (high density polyethylene) labelnya berbentuk angka 2 dalam segitiga umum digunakan untuk botol susu yang berwarna putih susu. Direferensikan cuma untuk sekali penggunaan.

3. V atau PVC (polyvinyl chloride) labelnya berbentuk angka 3 dalam segitiga yaitu plastik yang paling susah di daur lagi. Plastik ini dapat diketemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), serta botol-botol. Kandungan dari PVC yakni DEHA yang ada pada plastik pembungkus bisa bocor serta masuk ke makanan berminyak apabila dipanaskan. PVC punya potensi beresiko untuk ginjal, hati serta berat tubuh.

4. LDPE (low density polyethylene) labelnya berbentuk angka 4 dalam segitiga umum digunakan untuk tempat makanan serta botol-botol yang lembek. Barang-barang dengan berkode ini bisa di daur lagi serta baik untuk beberapa barang yang membutuhkan fleksibilitas namun kuat. Barang ini dapat disebut tidak bisa di leburkan namun terus baik untuk tempat makanan.

5. PP (polypropylene) labelnya berbentuk angka 5 dalam segitiga yaitu pilihan paling baik untuk bahan plastik terlebih untuk yang terkait dengan makanan serta minuman seperti tempat menaruh makanan, botol minum serta terutama botol minum untuk bayi. Karakteristik botol ini transparan yg tidak jernih atau berawan.

6. PS (polystyrene) labelnya berbentuk angka 6 dalam segitiga umum digunakan juga sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali gunakan, dan lain-lain. Bahan Polystyrene dapat mengungkapkan bahan styrine ke pada makanan saat makanan itu bersentuhan. Bahan Styrine beresiko untuk otak serta system syaraf. Bahan ini mesti dijauhi serta banyak negara sisi di Amerika telah melarang penggunaan tempat makanan memiliki bahan styrofoam termasuk juga negara China.

7. Other (biasanya polycarbonate) labelnya berbentuk angka 7 dalam segitiga dapat diperoleh ditempat makanan serta minuman seperti botol minum berolahraga. Polycarbonate dapat keluarkan bahan intinya yakni Bisphenol-A ke pada makanan serta minuman yang punya potensi mengakibatkan kerusakan system hormon.
Lantas kenapa botol plastik sisa air mineral tak bisa di isi lagi? Lantaran botol minuman itu umumnya memiliki loabel PET atau PETE dengan logo segitiga dengan angka satu di dalamnya.

Disini kita bakal mengulas lebih jauh tentang plastik polyethylene terephthalate (PETE atau PET) serta kemungkinan bahayanya. Menurut American Chemistry Council, PETE sudah dinyatakan aman oleh FDA serta International Life Science Institute (ILSI). Tetapi American Chemistry Council memperingatkan bahwa product yang di buat dari PET cuma bisa dipakai sekali pakai.
Studi yang dilakukan beberapa waktu terakhir tunjukkan bahwa pemakaian ulang botol yang terbuat dari PET ternyata beresiko. Dijumpai bahwa PET bersamaan berjalannya waktu bakal luruh serta meresap ke pada minuman saat botol itu di pakai lagi. Toksin yang dimaksud DEHA ini dapat dibuktikan bisa mengakibatkan permasalahan di hati, masalah kelenjar endoktrin, kesusahan beroleh keturunan, dan dicurigai dapat mengakibatkan kanker pada manusia. Karena itu, yang terbaik yaitu mendaur lagi botol-botol ini, janganlah memakainya berkali-kali.

Mulai saat ini, anda yang punya kebiasaan memakai botol sisa air mineral untuk wadah air minum baiknya tinggalkan rutinitas terebut. Saat air mineral yang anda beli sudah habis diminum, remaslah botolnya serta buanglah ditempat sampah. Bentuk botol yang sederhana serta ringan memanglah menarik untuk dijadikan wadah air minum, tetapi bahaya yang mengancam jauh lebih mengerikan.







Sumber : sehatituharus
loading...

ADS

JANGAN ISI ULANG Botol Plastik Bekas Air Minum! INI BAHAYANYA
4/ 5
Oleh

5 comments

October 20, 2015 at 1:04 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 20, 2015 at 6:20 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 20, 2015 at 6:57 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 20, 2015 at 7:27 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
November 16, 2015 at 1:15 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...