Mengapa Doa Kita Tidak Terkabul? Inilah Penjelasannya


Kita semua pasti pernah berdoa(memohon pertolongan) pada Allah, baik permohonan yang sifatnya pokok, seperti mohon ketetapan iman, yakin, syukur, khusnul khotimah, hidup barokah dan seterusnya.

Hingga permohonan yang bersifat duniawi seperti mohon naik gaji, naik pangkat, bisa bayar hutang, Namun dari semua orang yang berdoa itu tidaklah semua telah dikabulkan oleh Allah.

Pada dasarnya semua doa pastilah diijabahi (dikabulkan) olehAllah. Sebagaimana diinformasikan dalam Al Qur-an: “Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu” (Al Mukmin:60).

Sabda Rosululloh SAW: “Tidak seorangpun yang berdoa, kecuali akan dikabulkan. (HR. Ath-Thirmidzi). Namun tentunya doa yang dikabulkan itu adalah doa yang memenuhi syarat aturan dari Alloh yaitu Yakin dan khusyu.

Dikutip dari islamedia.co di antara sebab tertolaknya doa adalah:

1. Kalbu yang lalai, yang maksiat, dan ragu kepada Allah Swt. Rasul saw bersabda, "Berdoalah kepada Allah dalam kondisi engkau yakin doa tersebut diijabah. Ketahuilah bahwa Allah tidak menerima doa yang berasal dari kalbu yang lalai dan alpa." (HR at-Tirmidzi)

2. Memakan atau mengonsumsi sesuatu yang haram. Nabi saw bersabda, "Ada seseorang yang melakukan perjalanan, rambutnya kusut, pakaiannya lusuh, ia mengangkat tangannya ke langit, 'Wahai Tuhan..' sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan nutrisinya dari yang haram. Bagaimana mungkin doanya diterima?!" (HR Muslim).

3. Putus asa dalam berdoa karena tergesa-gesa. Rasul saw bersabda, "Doa kalian diijabah selama tidak tergesa-gesa. yaitu dengan berkata, 'Aku sudah berdoa tapi belum dikabulkan juga.'" (HR muttafaq alayh).

Itu sejumlah hal yang bisa membuat doa tidak diterima. Namun demikian, apa yang Anda lakukan sudah baik. Anda melakukan sejumlah ibadah di mana ibadah dan amal salih merupakan sarana yang memperlancar terkabulnya doa. Karenanya, kalau Anda sudah banyak ibadah dan beramal, lalu meninggalkan dosa dan barang haram, yakinlah bahwa doa Anda terkabul.

Hanya saja cara Allah mengabulkan doa sesuai dengan kehendak-Nya; bukan dengan kehendak Anda. serta pada waktu yang Dia tentukan; bukan waktu yang Anda tentukan. KadangAllah langsung mengabulkan doa tersebut. kadang Allah simpan untuk diberikan di akhirat. Atau bisa juga Allah ganti dengan melenyapkan keburukan yang setara dengan doa yang dipanjatkan.

Jadi yang terpenting adalah berdoa dan berdoa. Sebab dengan berdoa minimal kita mendapatkan pahala dan terhindar dari golongan orang sombong yang tidak mau berdoa kepada Allah. Setelah itu, yakinlah bahwa doa tersebut pasti dikabulkan dengan cara Allah selama kita menjauhi dosa dan hal yang haram. Wallahu a'lam.

7 Responses to "Mengapa Doa Kita Tidak Terkabul? Inilah Penjelasannya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    5. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete