Penjelasan Sejumlah Dokter Gigi Tentang Biaya Tambal Gigi Rp9 Juta

Penjelasan Sejumlah Dokter Gigi Tentang Biaya Tambal Gigi Rp9 Juta

loading...
loading...

Beberapa dokter gigi mengatakan bahwa biaya penambalan gigi tidak ada yang mencapai Rp 9 juta, seperti yang dialami Abigail Anggita Vela beberapa waktu lalu.Untuk wilayah Jabodetabek, salah satu dokter gigi meyakini bahwa tarif termahal tidak lebih dari Rp 1,5 juta per gigi.
“Untuk ulasan kesehatan, di Jabodetabek, standar harga tambal gigi Rp 250.000-Rp 350.000, (tarif) sedang Rp 500.000 dan termahal Rp 1 juta-Rp 1,5 juta,” kata drg Esther Jonathan kepada Kompas.com, Senin (27/4/2015).
Menurut dokter yang praktik di menara BCA itu, standar tarif yang berlaku sangat relatif, bergantung pada berbagai faktor, mulai dari dokter yang mengerjakan, lokasi tempat praktik dokter, dan bahan yang digunakan.
facebook-abigail-anggita-vela-soal-biaya-tambal-gigi-rp9-juta_20150423_164013
Sementara itu, teknis penambalan gigi bergantung pada diagnosis gigi yang akan dirawat.
Namun, terlepas dari itu, kata Esther, dokter yang menangani biasanya akan memberi tahu prosedur yang akan dilakukan terhadap pasien.
“Biasanya di awal saat pasien datang kita menanyakan keluhan gigi yang sakit. Lalu, kita (dokter) melihat atau cek bersama dengan memakai kaca atau kamera apakah benar ini gigi yang dikeluhkan?” ujarnya.
Pemberitahuan kepada pasien terkait apa saja kasus yang ada dalam mulutnya dinilai sangat penting sehingga pasien tahu seperti apa perawatan dan biaya yang bakal ditanggung terkait keluhannya.
Begitu juga untuk tindakan scalling (pembersihan karang gigi), lanjut Esther, biasanya dokter akan menginfokan terlebih dahulu kepada pasien apakah setuju untuk dibersihkan atau tidak.
“Tapi, memang sebaiknya keadaan gigi dan mulut bersih dari awal perawatan,” tutur dokter yang buka praktik pribadi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, tersebut.
Dokter lainnya, yakni drg Nancy, juga mengatakan bahwa tarif tambal gigi di kawasan elite memang cenderung agak mahal.
Namun, semahal-mahalnya tarif tambal gigi tidak pernah mencapai Rp 9 juta.
“Katakanlah Rp 3 juta-4 juta. Tapi, kalau lokasi daerah pinggiran agak sulit dengan harga sekian. Paling banter Rp 1 juta-2 juta. Tapi, bisa saja satu gigi hanya Rp 500.000,” ungkapnya.
Sementara itu, Rista (25), salah satu pasien yang sempat menambal gigi di rumah sakit swasta, menceritakan pengalamannya menambal gigi.
Menurut Rista, saat ia menambal gigi beberapa minggu lalu, tarifnya tidak melebihi angka Rp 1 juta.
“Itu juga sudah pakai asuransi. Waktu itu saya nambal dua gigi geraham bawah. Hitungannya satu gigi Rp 500.000,” ujarnya.
Sebelumnya, pemilik akun Facebook Abigail Anggita Velamenceritakan pengalamannya soal tambal gigi di RS MMC.
Dia mengaku terkejut ketika menerima tagihan Rp 9 juta. Namun, hal tersebut telah dibantah oleh pihak RS MMC.

loading...

ADS

Penjelasan Sejumlah Dokter Gigi Tentang Biaya Tambal Gigi Rp9 Juta
4/ 5
Oleh

3 comments

October 13, 2015 at 8:45 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 13, 2015 at 9:10 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
October 13, 2015 at 10:38 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...