STOP! JANGAN Makan Bayam yang Telah dimasak Lebih dari 6 Jam!


9Trendingtopic - Bayam merupakan sumber protein dan asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh, dan asam amino sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Manfaat bayam memang banyak sekali. Namun, kandungan gizi yang tinggi tersebut tidak akan berarti jika anda salah mengolahnya.

Hal ini dikarenakan bayam mengandung zat besi yang jika salah dalam memasaknya, zat-zat tersebut akan berubah menjadi racun bagi tubuh dan akan mengganggu kesehatan Anda. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan agar sayur bayam benar-benar aman dan menyehatkan?

Berikut terdapat beberapa tips memasak sayur bayam yang benar agar tidak berbahaya saat dikonsumsi, diantaranya:

Jangan dipanaskan

Bayam banyak mengandung zat besi atau senyawa ferro (Fe²+) yang baik untuk tubuh. Namun, jika dipanaskan terus-menerus atau berulang, akan terjadi oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi itu sendiri adalah pengikatan oksigen. Akibatnya Fe²+ yang baik tadi akan berubah menjadi Fe³+ atau senyawa ferri yang beracun bagi tubuh (toksin). Oleh karena itu, masaklah bayam untuk sekali makan.

Segera dimakan

Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung nitrat (NO³). Tetapi jika terlalu lama bersentuhan dengan udara, akan berubah menjadi nitrit (NO²) yang bersifat senyawa tidak berwarna, berbau dan beracun. Maka sayur bayam begitu matang harus segera dimakan. Sayur bayam yang sudah dimasak lebih dari 6 jam tidak disarankan untuk dikonsumsi lagi.

Pilih bayam yang segar

Bayam segar yang baru dicabut dari persemaian akan mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg per kg. Bayam yang disimpan di lemar es selama dua minggu kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg per kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan bertambah sebesar 7%.

Gunakan panci stainless steel

Jangan memasak bayam di panci besi atau aluminium karena senyawa ferro tadi akan bereaksi dengan bahan besi atau aluminium. Sebaiknya gunakan panci nirkarat (stainless steel).

Jadi, mulai dari sekarang STOP! jangan memakan sayur bayam yang telah dimasak lebih dari 6 jam dan juga perhatikan saat memasak sayur bayam yang benar agar tidak berbahaya saat dikonsumsi.

Semoga bermanfaat ya.

4 Responses to "STOP! JANGAN Makan Bayam yang Telah dimasak Lebih dari 6 Jam! "

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete