[CERPEN] Azab Anak Yang Durhaka


ibu nya, Dan untuk lebih jelas nya lagi silah kan baca cerpen nya,,,baik lah ketemu lagi “Bu minta duit nya buat beli baju,,,!!!!! ” Bentak winda sambil membanting kursi kayu yang udah reyot hingga patah berkeping keping,
“Ya ntar nak kalau ibu sudah punya duit,Kamu kan tau,Ibu cuma jadi buruh cuci pakaian kotor,Dan pencari kayu bakar,Yang duit nya pas pasan buat makan kita berdua nak,” Kata ibunya.

“Alaah ibu mah ntar ntar aja jawab nya tiap kali aku minta duit,Kapan si ibu punya duit nya,Kenapa si aku harus dilahirkan dari kluarga miskin bu,Aku cape jadi orang miskin trus,” Kata anak nya kasar dan langsung pergi dari rumah nya yang kumuh, Ibu nya pun terduduk lemas melihat kepergian anak nya,smbil berdoa “Ya ALLAH kuatkan hamba mu ini,Sadarkan lah anak hamba ini,Agar dia bisa menjadi anak yang soleh,Sabar dan hormat kepada orang tua nya,” 
Ibu tua itu pun bangun dan membersih kan keping demi keping patahan kayu dari sebuah kursi kayu tua yang telah dibanting anak nya tadi,Kursi tua yang reot di dalam rumah tua,Yang sama sekali gak pantas disebut rumah,Karna terlalu kumuh dan dekil,Gubuk yang bener bener kumuh,Gubuk yang telah membi kan banyak kenangan kepada wanita tua itu,Disaat saat suami nya masih hidup,
Kebahagiaan yang tak terhingga pa lagi saat kelahiran anak pertama nya,Yang diberi nama winda,Yang slalu diharap harap kan bisa merubah kehidupan mereka kelak,
***
Tapi disaaat anak nya baru berumur 5 tahun,Suami tercinta nya dipanggil oleh yang maha kuasa,Suami yang slama ini menjadi tulang punggung kluarga nya, Kehilangan suami tercinta yang menjadi tulang punggung kluarganya,Sangat membuat ibu tua itu terpukul, Dan beban keluarganya pun sepenuh nya menjadi tanggung jawab nya, Dari mencari nafkah,Dan membesarkan anak satu satu nya yang sangat ia sayangi,

Dari mencari kayu bakar dihutan sampe menjadi buruh cuci pakaian kotor orang,Smua pekerjaan dilakoni untuk mendapatkan rupiah demi rupiah,Yang terpenting untuk ibu tua itu adalah duit yang dihasil kan nya adalah duit yang halal,Karna walau ibu tua itu tidak mempunyai harta yang bisa dibanggakan,Tapi dia memiliki iman yang kuat,
Tapi setelah anak nya beranjak dewasa,anak nya pun berubah menjadi kasar kepada ibu nya, Dan sama sekali dia tidak menghormati ibu nya, Ibu yang telah melahir kan dan membesarkan nya,Tapi ibu tua itu tetap bersabar menghadapi anak nya, Karna suatu saat nanti dia yakin anak nya pasti bisa berubah menjadi anak yang baek,
Patuh kepada orang tua nya dan taat kepada ALLAH AWT,Walau anak nya sama sekali tidak pernah menghormati orang tua nya,Tapi wanita tua itu tetap bersabar karna dia tau anak adalah titipan dari ALLAH SWT, Dan emang udah sepantas nya dijaga dan dirawat dengan baik,
***
Malam hari setelah ibu tua itu menyelesaikan shalat maghrib dan membacakan ayat suci al-quran,Anak nya pun pulang,
“Bu,Bu laper,,,,,!!!! mana makan malem ku,Udah disiapin belom?Kata winda dengan kasar,Sambil menuju kemeja makan.
“udah nak,Itu ibu udah siapin makanan kesukaan kamu,Makan yang banyak ya nak”,
“Apa apaan ini bu,telor telor telor dan telor trus tiap hari,Gak tau ibu q udah bosen banget makan telor mulu,Aku pengen makan ayam goreng,Daging,nggak cuma telor terus tiap hari,
“udah lah nak,Sukuri aja apa yang ada dihadapan mu,Ngaak baek menggrutu didepan makanan”,
“Nggak mau aku makan telor terus,kata winda sambil melemparkan piring tempat makanan kedepan muka ibu nya
Gerumpiang piang suara piring itu,
“YaALLAH nak kenapa kamu membuang makanan ini,nggak baek membuang rejeki nak,ibumu ini udah susah payah mencari makanan ini nak,Kata ibu nya sambil mengambil piring tempat makanan tadi yang telah dilemparkan winda,Dan mendekati anak nya sambil memegang bahu nya,

“nak,?? Inikan udah masuk waktu shalat isya,kamu shalat dulu ya?Biar hatimu bisa tenang,Shalat dulu ya nak??
“plakkk,,, Winda pun menepis tangan ibu nya hingga hampir ibu nya terjatuh,

“bu dengerin ya??Ibu aja yang tiap hari shalat berdoa nggak berubah nasib kita,tetep aja miskin,Terus kenapa harus mengikuti kata kata ibu,Nggak penting banget tau nggak bu,!!!! mending aku tidur dari pada aku shalat yang nggak ada guna nya sama sekali,” kata anak nya sambil masuk kekamar nya
“yaALLAH kamu nggak boleh ngomong begitu nak,Ntar kamu bisa dilaknat ma ALLAH nak,”Kata ibu nya sambil berjalan menghampiri anak nya,
“udah bu,!! Sono pergi,ibu aja yang shalat sono,” Kata winda sambil mendorong ibu nya hingga ibu nya hampir terjatuh,Dan kemudian mengunci pintu kamar nya dari dalem,
Ibu nya pun terduduk didepan kamar winda,Menangis pilu melihat kelakuan anak nya,YaALLAH berikan lah kesabaran hambamu ini,Buka kan lah pintu kebaikan untuk anak hamba ini YaALLAH,

kemudian ibu nya bangun dan segera mengambil air wudhu dan segera melaksanakan shalat fardhu isya,Setelah selesai shalat isya ibu itu pun berdoa dan kemudian melantun kan bait demi bait ayat suci al-quran,Yang telah dilakonin nya dari puluhan tahun yang lalu,Dari ibu masih kecil,Hingga walau pun cuma ditemanin Lampu yang remang remang pun ibu itu tetep lancar membaca nya,
Dan ketika ibu itu lagi membaca al-quran dengan tenang dan khusuk,anak nya pun datang dengan marah marah,
“ibu apa apaan si,Berisik aja aku jadi nggak bisa tidur tau,Kata anak nya sambil merampas al-quran itu dari tangan ibu nya dan kemudian membuang nya

“MasyaALLAH nak , Kali ini ibu nya bener bener terkejut melihat kelakuan anak nya,
“yaALLAH nak terkutuk lah engkau,”kata ibu dan tanpa dia sadari kata kata sumpahan telah keluar dari bibir tua nya itu,Kata kata sumpahan yang slama ini nggak pernah terlintas dibenak nya untuk diungkapkan nya,tapi kali ini kata kata itu benar benar telah keluar dari mulut nya,

Cuaca yang pertama nya cerah pun dengan tiba tiba berubah menjadi mendung,Dan petir pun mulai sambung menyambung
“Gelegarrrrrrrr,,,Sebuah petih yang maha dahsyat pun tiba tiba menyambar anak satu satu nya,Hingga membuat gosong seluruh tubuh anak nya,Dan merenggut nyawa anak nya,
“YaALLAH nak ibu itu pun menangis tersedu sedu melihat anak nya yang hangus terbakar oleh petir,Anak satu satu nya yang dulu nya selalu diharap harap kan bisa merubah nasib nya kelak,tapi kini yang ada dihadapan nya adalah tubuh anak nya yang gosong,Tanpa nyawa lagi,
Sepeninggal anak nya,Ibu tua itu pun menjalani kehidupan nya hanya ditemenin dengan sepi,Dan kesendirian,Orang orang yang disayang nya semua nya telah pergi meninggal kan beliau sendiri,Walau begitu susah dan berat nya hidup sendiri apa lagi ibu itu sudah tua dan sering sakit sakitan,Karna ibu itu sudah terlalu tua,Tapi selalu dijalanin nya dengan sabar,Karna dia tau walau bagai mana pun hidup harus terus berjalan hingga ALLAH SWT memanggil nya,karna dia yakin dihidup nya yang kekal kelak dia pasti akan menemui kebahagian,Kebahagiaan abadinya,

2 Responses to "[CERPEN] Azab Anak Yang Durhaka"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete