Kejujuran ‘pedagang online’ dari Jepang ini patut dicontoh

Warga Jepang dikenal menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang positif, salah satunya dalam hal kejujuran. Kisah kejujuran orang Jepang itu pernah dibuktikan oleh seorang netter asal Indonesia yang tinggal di Jepang, Bagus Adi Nugroho. Ketika itu Bagus membeli barang secara online di salah satu jejaring sosial dunia, Yahoo.
Melalui akun Facebooknya, Kamis (5/11), Bagus menceritakan bahwa awalnya ia membeli barang yang dilelang di jejaring Yahoo milik seorang eksibitor asal Jepang. Tertarik dengan barang tersebut, Bagus pun membeli dan mentransfer uang ke penjual dan lengkap dengan biaya ongkos kirimnya.
Namun setelah barang yang dibeli Bagus datang di Indonesia, ia kaget karena menemukan dalam boks posisi paling atas terdapat lempengan kardus yang ditempeli uang koin dan surat yang berisi permintaan maaf penjual.
   
“Ternyata karena perhitungan ongkos kirimnya salah dari total yang saya transfer ada kelebihan 220 yen (Rp 24.000). Jadi sisanya dikembalikan tunai dan juga dengan permintaan maaf yang sebesar-besarnya karena sudah merepotkan saya dengan kesalahan dia,” tutur Bagus.
Ini penuturan lengkap Bagus di akun Facebooknya:
“Jadi ceritanya gw beli barang di lelang yahoo 2 barang dr 1 exibitor orang jepang.dan setelah barang datang ane unbox ternyata didalam box posisi paling atas ada lempengan kardus yg di tempelin uang koin dan surat yg berisi permintaan maaf si exibitor karena ternyata perhitungan ongkos kirim nya salah dan ternyata dr total yg ane transfer ada kelebihan 220 yen.jadi sisanya dikembalikan tunai dan juga dengan permintaan maaf yg sebesar2nya karena sudah merepotkan ane dengan kesalahan dia.sungguh tanggung jawab dan kejujuran yg luar biasa sebagai seller”
Bagus pun heran dengan sikap tanggung jawab dan kejujuran orang Jepang tersebut. Ia merasakan betul bahwa hal kecil yang bermakna besar ini mungkin akan jarang ia temukan di negerinya.
Wajar saja kisah tulisan Bagus menjadi perbincangan di banyak media sosial. Sejak ditulis dua hari lalu, cerita Bagus ini sudah dibagikan ribuan netizen. Bagaimana komentar kalian?

1 Response to "Kejujuran ‘pedagang online’ dari Jepang ini patut dicontoh"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete