Kisah Maha Sukkar, Polisi Australia Pertama yang Kenakan Hijab

Maha-Sukkar-polisi-Australia
Maha Sukkar adalah salah seorang anggota polisi di negara bagian Victoria yang menggunakan jilbab. Salah satu tugasnya adalah menangani komunitas dari berbagai latar belakang. Sulitkah sebagai seorang muslimah menjadi polisi di Australia?
Saat pertama kali bergabung dengan Kepolisian negara bagain Victoria, atau Victoria Police, Maha Sukkar adalah satu-satunya polisi perempuan yang menggunakan jilbab.
“11 tahun lalu saya bergavung di kepolisian, tidak ada polisi yang memakai jilbab di Australia,” ujarnya. “Sejak saya bergabung, ada aturan yang berubah, kami mengajak semua pemeluk agama dan kepercayaan untuk bergabung.”
Ia mengaku pertama kali orang-orang melihatnya, banyak yang bertanya, “kamu ini apa?”
“Saya selalu mengatakan bahwa saya adalah seorang Muslimah dan menggunakan jilbab. Kadang saya bercanda dengan mereka kalau saya ini adalah ninja atau smurf,” katanya. Tentu saja bercandaan ini dimaksudkan agar tidak ada lagi pembatas dengan warga.
Kini, sudah ada beberapa anggota kepolisian perempuan yang menggunakan jilbab, baik di Victoria maupun di negara bagian lainnya.
Tidak ada perlakukan khusus bagi anggota polisi yang berasal dari kelompok minoritas, termasuk mereka yang memeluk agama dan kepercayaan.
“Saya shalat 5 waktu. saya juga rutin berpuasa. Kepolisian Victoria sangat mengakomodir dengan menyediakan tempat untuk shalat, memberikan jilbab dan di bulan Ramadan mereka menyesuaikan jadwal kerja saya… kami juga membuat acara bukan puasa bersama.

4 Responses to "Kisah Maha Sukkar, Polisi Australia Pertama yang Kenakan Hijab"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete