SEKELUMIT KISAH MIRIS SI MANIS AMARYLLIS

SEKELUMIT KISAH MIRIS SI MANIS AMARYLLIS

loading...
loading...

9Trendingtopic - Tulisan ini ditulis oleh Novianto Setiawan di akun facebook miliknya terkait "insiden" bunga Amrylis yang terjadi di Gunung Kidul, Yogyakarta, semoga menjadi renungan buat kita semua...

***

Puspa Pathuk , magnet baru di Jogja berupa taman bunga ala eropa dimana bunga yang tumbuh terasa spesial buat saya karena adalah nama yang saya sematkan pada putri saya , Valeska Odelia Amaryllis ..

Sang pemilik adalah orang yang paling menarik untuk saya temui yang belakangan saya ketahui bernama Bapak Sukadi .

dari beliaulah saya mendapat banyak cerita diantara ratusan pengunjung yang bahkan mungkin tak permisi dulu berkunjung dan ber selfie ria , tak sempat berfikir untuk kulo nuwun pada tuan rumah , tak peduli bahwa mereka masuk halaman rumah orang ..

tahun 2006 beliau mulai membudidayakan bunga Amaryllis atau lebih akrab mereka sebut sebagai Brambang Procot , hingga lambat laun perluasan area tumbuh memenuhi tegalan di depan rumahnya dan saat musim berbunga yang hanya setahun sekali ini mencapai puncaknya hari Selasa lalu yang kemudian terunggah ke media sosial dengan visual luar biasa mempesona dan bisa ditebak efeknya ..
Jumat kemarin sekitar 1500 orang tumpah ruah berkunjung sepanjang hari mendesak , menginjak , menindih , merusak rumpun tanpa ampun , sengaja maupun tidak ..

Bapak Sukadi tak punya daya mencegah , tak bisa berbuat banyak , kecuali harus rela kebun bunga nya terkoyak koyak ..
Pun begitu .. Beliau secara luar biasa masih meminta maaf via announcer kepada pengunjung jika panorama sudah tak seindah beberapa hari sebelumnya ..
Lalu jika yang empunya saja begitu menghargai tamunya , bagaimana empati dari pihak sebaliknya ??
Beliau tidak menyalahkan siapapun karena memang kebunnya tidak di desain untuk wisata sebelumnya sehingga akses dan segala kelengkapan tak dipersiapkan mengantisipasi ribuan wisatawan dadakan ..

Beliau cuma berharap ada sedikit kepedulian untuk perawatan kebunnya lewat kotak sukarela di depan pintu masuk yang itupun lebih banyak di lewati orang orang dengan wajah sok cuek dan tanpa dosa sehingga hitungan ratusan orang di kebun dengan beberapa lembar di kotak jelas bukan jumlah yang seimbang ..
Bapak Sukadi berencana mengembangkan kebunnya menjadi salah satu destinasi wisata Gunungkidul yang memang sedang jadi primadona ..

Barakallah Pak .. , semoga kisah miris di kebun bapak yang bapak sikapi dengan ikhlas dan bersahaja menjadi pembuka rizki yang baru .., yang terus mengalir tak berkesudahan ... Aamiin ..

Akhirnya , sebelum berpamitan dan meminta izin berfoto dengan beliau saya selipkan selembar ratus ribuan sebagai sekedar bentuk simpati yang tentu amat tak sebanding dengan mahalnya keindahan kebunnya yang kini compang camping , sambil melirik tuan dan nyonya bermobil bergaya parlente yang pastinya jauh lebih kaya daripada saya tapi entah rasa kepeduliannya ...

MY TRIP MY ADVENTURE ?
BOLEH EKSIS tapi JANGAN NGAWUR !

PUSPA PATHUK GUNUNG KIDUL , SABTU , 28 NOVEMBER 2015


***
loading...

ADS

SEKELUMIT KISAH MIRIS SI MANIS AMARYLLIS
4/ 5
Oleh

5 comments

November 29, 2015 at 6:51 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
November 29, 2015 at 8:27 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 4, 2015 at 9:34 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 13, 2016 at 2:06 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...