Tinggal Serumah dengan Orang Tua untuk Merawat Mereka atau Ngontrak Sendiri?

Tinggal Serumah dengan Orang Tua untuk Merawat Mereka atau Ngontrak Sendiri?

loading...
loading...
rt sdr
Apakah diperbolehkan jika seseorang ingin menikah lalu tinggal sendiri meninggalkan orang tua nya? Jika memungkinkan seseorang tinggal berdekatan dengan kedua orang tua nya dan dengan dugaan kuat akan selamat dari fitnah maka tidak diragukan lagi, ini yang lebih utama dan lebih pantas.
Setiap jam ia bisa melihat kedua orangtuanya yang berada di rumahnya, kemudian berbuat baik kepada keduanya. Meskipun hanya menemui mereka dengan ucapan salam maka perbuatan ini telah mencukupi.
Jika engkau dekat dengan orang tuamu mereka berdua akan meminta tolong dan membutuhkanmu karena engkau dekat dengan segala sesuatu yang mereka butuhkan. Akan tetapi, jika engkau jauh dari keduanya akan terluput darimu kebaikan yang banyak.
Yang harus dijadikan nasehat seseorang tatkala menikah hendaknya ia tinggal berdekatan dengan orang tua nya sebisa mungkin.
Jika hal ini sulit baginya atau karena dugaan kuat jika tinggal berdekatan dengan orang tua akan menimbulkan permasalahan bahkan terkadang menjadi sebab munculnya fitnah tatkala kondisi demikian, terkadang menjauh dari orang tua adalah bentuk keselamatan.
Menjauh dari orang tanpa memutus hubungan dengan keduanya. Dia bisa memilih waktu tertentu untuk mengunjungi keduanya, memeriksa kondisi mereka, mengucapkan salam kepada keduanya, dan duduk bersamanya. Hal ini karena orangtua memiliki hak yang begitu besar atas anaknya. Wallahu Ta’ala a’lam. 
loading...

ADS

Tinggal Serumah dengan Orang Tua untuk Merawat Mereka atau Ngontrak Sendiri?
4/ 5
Oleh

3 comments

November 16, 2015 at 12:53 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
November 16, 2015 at 1:40 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
November 16, 2015 at 2:10 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...