CATAT ya! Jangan Pernah Kamu Menahan BAB! Akibatnya Fatal loh!

CATAT ya! Jangan Pernah Kamu Menahan BAB! Akibatnya Fatal loh!

loading...
loading...


Karena sibuk melakukan suatu aktifitas, apakah anda sering menunda – nunda buang air besar?. Ketahuilah, kebiasaan menunda air besar ternyata dapat menimbulkan dampak jauh lebih buruk dari yang anda pikirkan. Bahkan beberapa ahli kesehatan memperingatkan menahan buang air besar untuk jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan kematian mendadak.

Mereka yang berulang kali menunda ke toilet akan mengalami resiko pengembangan gangguan fungsi otot yang digunakan untuk mengatur jalan keluarnya feses. Seperti dilansir laman Mirror (20/11/2015), Konstantin Monastyrsky, penulis buku best seller Gut Sense, mengatakan bahwa menahan buang air besar meski hanya sekali saja sangat berbahaya, karena dapat mengakibatkan timbunan feses sehingga mengganggu kinerja usus.

Lebih lanjut, Konstantin mengatakan jika feses sampai mengering, maka kondisi tersebut akan menghalangi sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga dampak buruk selanjutnya dapat menyebabkan penyakit usus buntu, kanker usus atau bahkan yang lebih fatal lagi usus bisa pecah. Semua limbah dan racun akan menumpuk jadi satu di dalam usus. Dan jika tidak segera diobati, sudah pasti resikonya adalah kematian.

Berikut ini lima tips untuk menjaga usus dan pencernaan tetap sehat:

1. Jangan menunda – nunda BAB. Jika merasa sudah ada suatu dorongan, langsung saja pergi toilet. Bagaimana jika saat sedang berada di perjalanan?, banyak toilet umum misalnya saja anda bisa mampir di toilet yang disediakan di SPBU. Menurut banyak penelitian, posisi BAB yang sehat adalah jongkok bukan dukuk. Tak akan ada lagi ancaman penyakit seperti wasir atau pencernaan seperti diverkulitis.

2. Pahamilah cara kerja usus anda, sakit perut dan perasaan tidak nyaman pada perut adalah kondisi tidak normal.

3. Kesehatan seseorang juga bisa dilihat dari bentuk feses (tinja) yang dikeluarkan. Jadi apakah anda memiliki feses yang normal atau tidak?, Anda bisa mengecek secara lebih lengkap melalui Tabel Bristol Stool yang terdapat di halaman Wikipedia.

4. Makanan yang masuk ke dalam perut memerlukan waktu antara dua hingga tiga jam untuk diolah menjadi darah. Makanan ringan seperti jajanan kue atau keripik mungkin membuat anda merasa lebih cepat lelah dibanding sayuran.

5. Bakteri baik dalam usus membersihkan berbagai macam toksin dalam usus anda setiap hari. Makanlah selalu makan – makanan yang sehat untuk memperlakukan mereka dengan baik.

Sumber referensi: Mirror / Wikipedia
loading...

ADS

CATAT ya! Jangan Pernah Kamu Menahan BAB! Akibatnya Fatal loh!
4/ 5
Oleh

5 comments

December 28, 2015 at 9:41 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 28, 2015 at 10:54 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 29, 2015 at 6:52 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 29, 2015 at 7:54 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 12, 2016 at 10:59 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...