Kenali Manfaat Kulit Rambutan Bagi Kesehatan

Kenali Manfaat Kulit Rambutan Bagi Kesehatan

loading...
loading...


Buah rambutan, setiap orang pasti mengetahui buah yang satu ini. buah ini termasuk buah musiman yang memiliki bentuk oval dan seperti ditumbuhi rambut. Sebab bentuknya seperti itu, buah ini dikenal dengan sebutan buah rambutan dan memiliki nama ilmiah Nephelium lappaceum. Buah rambutan memiliki rasa manis, asam, dan segar.


Cara memakan buah rambutan yaitu dengan mengupas kulitnya kemudian yang dimakan adalah bagian daging buahnya yang berwarna putih. Selama ini kulit buah rambutan hanya dibuang begitu saja, ternyata kulit luar dari buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kulit rambutan mengandung senyawa yang mampu menghambat atau mengurangi beberapa masalah kesehatan salah satunya adalah demam.

Berikut ini beberapa fakta yang menunjukkan bahwa kulit rambutan mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Menjaga Kerusakan Lever

Dalam kulit rambutan mengandung senyawa flavonoid yang bersifat toksik kepada sel. Senyawa ini berperan untuk menekan kerusakan hati akibat stress oksidatif dan zat ini diduga mampu menghambat proses peroksidesi lipid pada tahap inisiasi untuk menangkal radikal bebas. Cara mengolahnya dengan cara mengiris tipis kulit buah rambutan, keringkan dan tumbuk bahan tersebut hingga menjadi serbuk. Untuk mengonsumsinya, seduh 1 sendok teh serbuk ini dengan setengah gelas air panas.

Mengobati Disentri

Yang kedua untuk pengobatan disentri. Cara meramu mbil Kulit buah rambutan (10 buah) dicuci, lalu dipotong-potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas air, rebus sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin, disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Menurunkan Demam

Yang ketiga yaitu untuk pengobatan demam. Cara meramu, ambil kulit rambutan yang telah dikeringkan kira-kira 15 gr. Cuci sampai bersih. Kemudian ditambah 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.
loading...

ADS

Kenali Manfaat Kulit Rambutan Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh

4 comments

December 9, 2015 at 8:31 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 9, 2015 at 8:38 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 9, 2015 at 8:39 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 13, 2016 at 7:39 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...