Mengapa Doa Kita Tertahan ? Ini Dia 7 Penyebabnya


Dalam kehidupan, manusia pasti pernah merasakan kesenangan maupun kesedihan. Kesedihan itu muncul karena suatu masalah yang datang dalam hidupnya. Apabila kita mendapatkan masalah maka berdoa adalah salah satu jalan untuk mendapatkan pertolongan dari Allah. Tapi bisa jadi doa tertahan, ini 7 penyebabnya Allah menunda doa kita.

Doa Tertahan, Ini 7 Penyebabnya

Setiap manusia berhak untuk berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah. Tapi tak semua doa-doa kita akan dikabulkan. Apabila doa kita belum juga dikabulkan, mungkin Allah telah menunda doa-doa kita karena suatu alasan tertentu.

Berikut ini adalah tujuh sebab doa kita tertahan, yaitu:

1. Melakukan suatu perbuatan yang membuat murka Allah tapi tidak segera bertaubat atau menyesali perbuatan itu.

Sebagai manusia, kita tidak akan luput dari dosa. Tetapi ketika kita melakukan dosa seharusnya segera meminta ampun pada Allah. Apabila kita telah melakukan dosa tapi tidak menyesali atau bahkan tidak segera bertaubat maka apa yang menjadi doa kita tidak akan dikabulkan oleh Allah.

2. Mengakui bahwa dunia akan sirna tapi tidak beramal untuk bekal di akhirat.

Dunia ini tidaklah abadi. Kehidupan yang abadi adalah kehidupan di akhirat, baik itu di neraka atau surga. Sebagai seorang muslim kita harus percaya akan hal ini. Tapi apabila kita mengakui bahwa dunia ini hanya sementara tetapi tidak melakukan kebaikan sebagai bekal di akhirat maka Allah tidak akan mengabulkan doa kita.

3. Kita berkata bahwa kita adalah hamba Allah tetapi tidak melakukan apa yang diperintahkan-Nya.

Sebagai hamba Allah tentunya kita memiliki kewajiban senantiasa menyembah-Nya. Apabila kita mengaku hamba Allah tapi tidak melakukan apa yang diperintahkan oleh-Nya atau justru melakukan apa yang dilarangnya, maka doa-doa kita tidak akan dikabulkan atau ditangguhkan.

4. Mengaku umat Nabi Muhammad tetapi tidak melaksanakan sunnah beliau.

Nabi Muhammad adalah utusan Allah dimana beliau merupakan manusia yang paling disayang oleh Allah. Beliau memiliki sikap yang terpuji sehingga dijadikan sebagai tauladan bagi umat manusia. Apabila kita mengaku umat Nabi Muhammad SAW tetapi tidak melaksanakan sunnah yang dicontohkan olehnya, maka Allah akan menangguhkan doa-doa kita.

5. Membaca Al-Qur’an tetapi tidak menghayati isinya.

Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia. Oleh karena itu, kita harus membaca, menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Apabila kita hanya membaca Al-Qur’an tanpa mengerti atau menghayati isinya, maka doa-doa kita pada Allah akan ditangguhkan. Inilah salah satu dari 7 perkara penyebab doa tidak dikabulkan.

6. Mengakui bahwa akhirat lebih baik dibanding dunia tapi tidak benar-benar mencapainya.

Apa yang ada di dunia ini bukanlah apa-apanya jika dibanding dengan akhirat. Tapi apa gunanya jika kita menyadari hal tersebut tapi kita tidak sungguh-sungguh dalam mencapai akhirat dengan berbuat baik.

7. Mengatakan bahwa dunia itu ada di sisi Allah tapi merasa tenang dan puas bisa memiliki dunia.

Dunia hanyalah kehidupan yang sementara. Apa yang kita miliki di dunia ini hanyalah titipan Allah sehingga dapat diambil suatu ketika nanti. Apabila kita terlalu merasa senang, puas dan memilikinya padahal itu bukanlah hak kita, maka Allah akan menunda pengabulan doa kita.

Sebagai seorang muslim, kita harus instropeksi diri jika doa-doa kita selama ini belum juga dikabulkan oleh Allah. Mungkin saja kita telah melakukan salah satu atau beberapa di antara ketujuh alasan di atas. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tips cara agar doa cepat terkabul agar keinginan kita dapat terwujud.

5 Responses to "Mengapa Doa Kita Tertahan ? Ini Dia 7 Penyebabnya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete