Pendapatan Bulanan Selalu Terasa Kurang, Coba Cek 6 Hal Ini

Pendapatan Bulanan Selalu Terasa Kurang, Coba Cek 6 Hal Ini

loading...
loading...
ramai-politik-uang-muncul-istilah-npwp-di-pemilu-2014
Diantara kita mungkin merasa sudah bekerja maksimal untuk mendapatkan rezeki setiap hari. Demi menambah penghasilan, orang bahkan rela bekerja tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Namun meski bekerja keras siang dan malam, penghasilan yang didapatkan masih saja terasa kurang. Alih-alih bisa membeli barang yang diinginkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup saja masih harus irit agar bisa tercukupi hingga akhir bulan.
Kondisi seperti ini kerap menimbulkan pertanyaan, pasalnya tidak sedikit yang memiliki pendapatan lebih kecil justru bisa hidup berkecukupan. Bagi anda yang merasa demikian, sebaiknya melakukan cek terhadap enam hal berikut ini untuk memperbaiki pola keuangan. Apa saja, berikut ringkasannya.
1. Gaya Hidup 
Gaya hidup menjadi poin penting dalam pengelolaan keuangan anda. Seberapa besar pun gaji anda, jika gaya hidup jauh lebih tinggi dari pendapatan tentu saja akan menjadi malapetaka. Belajar hemat menjadi pilihan tepat ketika gaya hidup yang kita anut selama ini memang terasa menyiksa akhir bulan.
Karena biasanya urusan gaya hidup tidak jauh-jauh dari kenikmatan perut dan dunia saja. Sehingga hanya akan menimbulkan malapetaka terhadap kehidupan masa depan. Bijaklah dalam bergaul, setidaknya tahu kapan harus membelanjakan uang dan kapan harus menyimpannya.
2. Tidak Merencanakan Pengelolaan Keuangan
Perencanaan yang matang juga sangat penting dalam pengelolaan keuangan agar tetap aman di akhir bulan. Selama ini mungkin kita tidak memprioritaskan untuk menyimpan sebagian pendapatan untuk menabung. Kebanyakan dari kita menerima gaji melalui rekening bank namun pendapatan ini tidak diikuti dengan perencanaan yang matang sehingga diambil sedikit demi sedikit dan akhirnya setiap bulan rekening tabungan pasti terkuras habis.
3. Hobi Berhutang
Hobi yang satu ini tidak baik jika diterapkan terus menerus. Anda mungkin saja merasa tidak pernah berhutang, namun hal itu tidak akan berbeda jika anda menggunakan kartu kredit. Memang saat ini kita banyak melihat masyarakat yang bersemangat mendapatkan keperluan yang mereka butuhkan dengan berhutang.
Kebiasaan ini bagi sebagian orang telah menjadi  budaya untuk  menunjukkan kemewahan dan bermegah-megah dengan harta dan barang yang mereka miliki. Perlu dipahami bahwa berhutang bukanlan cara yang baik untuk bermewah-mewah. Karena budaya suka meminjam berpotensi  menyebabkan seseorang individu menjadi bangkrut jika tidak dimanage dengan benar.
4. Zakat, Infak dan Sedekah
Ketiganya merupakan tindakan memberi dan berbagi kepada orang lain. Namun dengan memberikan sebagian harta kepada orang lain ini bukan justru membuat miskin, namun akan semakin ditambahkan lebih. Meskipun secara logika memang hal itu bisa mengurangi pendapatan. Namun, percaya atau tidak dengan melakukan zakat, infak dan sedekah Allah akan menggantikannya dengan berkali-kali lipat. Dan hal tersebut lebih pasti dari hukum gravitasi.
5. Shalat Dhuha
Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa shalat dhuha dapat melancarkan rezeki. Sebisa mungkin lakukan shalat dhuha setiap hari disela-sela kesibukan. Insya Allah kita diberikan kemudahan dalam menjalani segala urusan termasuk masalah rezeki. Amin.
6. Bersyukur
Bersyukur adalah cara mendatangkan lebih. Terkadang saat menerima gaji bulanan, jangankan bersyukur, bahkan gaji tersebut hanya akan membuat miris karena tidak ada yang tersisa. Namun inilah sebenarnya yang membuat orang selalu merasa cukup. Bersyukur juga akan membuat hati menjadi lapang dengan apa yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada kita.
Coba cek lagi, apakah selama ini kita kebanyakan mengeluh atau bersyukur atas apa yang sudah diberikan Allah kepada kita. Jika kerja kita hanya mengeluh saja, maka wajar jika setiap bulan pendapatan tidak pernah cukup. 
loading...

ADS

Pendapatan Bulanan Selalu Terasa Kurang, Coba Cek 6 Hal Ini
4/ 5
Oleh

4 comments

December 4, 2015 at 11:08 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 4, 2015 at 9:27 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
December 5, 2015 at 9:44 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 13, 2016 at 7:09 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...