Stop pembodohan masyarakat dengan iklan-iklan menyesatkan

Akhir2 ini kita sering kali melihat di timeline Facebook, sebuah status atau share baik berupa foto atau video dengan menampilkan percobaan sebagai berikut :
[1] Pertama uji yg dilakukan oleh penjual AIR ALKALI kemasan
Betadine (povidone iodine) + air kemudian di masukkan mie instan, lalu warna air dan mie instan berubah menjadi biru pekat atau sampai biru ungu kehitaman.
Lalu dengan seenaknya si pelaku menyamakan mie instan yg berubah warna menjadi biru kehitaman disebut sebagai RACUN
[2] Kedua, Ada pula share tentang uji nasi + betadine juga berubah warna menjadi biru, ungu kehitaman, yang ini parah lagi.. Disebut pula itu beras dicampur pil KB, bener2 gak masuk akal, tapi anehnya banyak yg menelan mentah2 info itu
[3] Ketiga adalah iklan obat pelangsing yang juga menggunakan “mie instan + air betadine” berubah menjadi biru kehitaman kemudian di bilas dengan air berisi obat pelangsing warna mie yang berubah menjadi biru tersebut kemudian berubah lagi menjadi putih, si pendemo mengklaim bahwa racunnya sdh di ikat dengan obat pelangsing tersebut dan di buatlah pernyataan obat pelangsing tersebut bisa mengikat racun.
SEMUA percobaan diatas terlihat sangat meyakinkan, yang tidak paham pun jadi tercengang dan resah, galau karena katanya mereka konsumsi racun.
Dalam kimia analisis uji seperti yang dilakukan menggunakan betadine (iodine) disebut UJI IODIMETRI.
Uji Iod bertujuan untuk mengidentifikasi PATI/KARBOHIDRAT/POLISAKARIDA/TEPUNG/AMILUM. Reagent yang digunakan adalah larutan iodine yang merupakan zat terlarut dalam potassium iodide.
Reaksi antara polisakarida dengan iodin membentuk rantai poliiodida. Polisakarida umumnya membentuk rantai heliks (melingkar), sehingga dapat berikatan dengan iodin, sedangkan karbohidrat berantai pendek seperti disakarida dan monosakarida tidak membentuk struktur heliks sehingga tidak dapat berikatan dengan iodin.
Amilum dengan iodin dapat membentuk kompleks biru, amilopektin dengan iodin akan memberi warna merah ungu sedangkan dengan glikogen dan dekstrin akan membentuk warna merah coklat.
CATATAN: Bahan makanan apapun yang mengandung karbohidrat entah itu beras, singkong, mie, kentang, spagheti dan bahan makanan yang direaksikan (ditetesi) Iodium (baca: Betadine) akan berubah warna mulai biru, biru tua, ungu hingga kehitaman.
Buat para pembuat uji demo produk ini please sebelum anda share bentengi dulu dg dasar keilmuan yg cukup, jangan asal bikin demo, membuat kesimpulan sendiri, apalagi kalo bikin uji ini untuk jualan produk.
Bukankah HOAX yg anda sebarkan ini termasuk kategori menipu??? Artinya sama aja anda jualan dengan cara tipu2 … Dimana keberkahan jika anda mencari rizki dg metode tipuan???

5 Responses to "Stop pembodohan masyarakat dengan iklan-iklan menyesatkan"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete