Astaghfirullah... Guru SD Cukur Rambut Anak Didiknya yang Gondrong, Namun Malah Diintimidasi dan Dikriminalisasi Orang Tua

Astaghfirullah... Guru SD Cukur Rambut Anak Didiknya yang Gondrong, Namun Malah Diintimidasi dan Dikriminalisasi Orang Tua

loading...
loading...

9Trendingtopic - Iwan Himawan membalas mencukur guru anaknya, Aop Saopudin gara-gara Aop mencukur anaknya. Selain itu, Iwan mengintimidasi Aop dan melakukan tindak kekerasan.

Berdasarkan dakwaan yang dikutip detikcom dari website Mahkamah Agung, Jumat (1/1/2016), kasus bermula saat guru honorer SDN Penjalin Kidul V, Majalengka, Jawa Barat, Aop Saopudin melakukan razia rambut gondrong di kelas III pada 19 Maret 2012. Dalam razia itu, didapati 4 siswa yang berambut gondrong yaitu AN, M, MR dan THS.

Mendapati rambut gondrong ini, Aop lalu melakukan tindakan disiplin dengan memotong rambut THS ala kadarnya sehingga gundul tidak beraturan. Sepulang sekolah, THS menceritakan hukuman disiplin itu ke ayahnya, Iwan.

Iwan bersama teman-temannya lalu mendatangi rumah Kepala Sekolah, Ayip Rosidi. Sesampainya di rumah tersebut, Iwan tidak mendapati Ayip dan pulang. Di jalan, Iwan bertemu dengan Ayip dan Iwan lalu menanyakan razia rambut gondrong yang berakhir dengan pemotongan rambut anaknya. Jawaban Ayip tidak memuaskan pria kelahiran 23 November 1975 itu sehingga Iwan mencari Aop.

Setelah Iwan menemukan Aop, ia langsung mengangkat kerah baju Aop dan mendorong tubuh Aop ke belakang.

"Kamu hanya sekedar guru honor. Mau mengandalkan apa? Apa perlu saya membawa massa?" hardik Iwan ke Aop.

Keributan ini dilerai teman Aop dan Iwan akhirnya pulang. Tapi sore harinya, Saat Aop pulang sekolah, Iwan telah menunggu Aop. Lalu Iwan memukul kepala Aop yang dibungkus helm. Iwan lalu memaksa Aop kembali ke SD. Sesampainya di SD, Iwan kembali mengintimdasi Aop disaksikan rekan-rekannya.

"Kamu harus tahu siapa saya. Saya habisi kamu! Saya minta rambut kamu untuk dicukur!" kata Iwan dengan lantang.

Secepat kilat, Iwan mengeluarkan gunting dan menggunting rambut Aop di atas telinga kanan dan kiri. Setelah itu, Iwan dan teman-temannya meninggalkan SD tersebut.

Ternyata kasus ini belum selesai. Iwan melaporkan Aop ke polisi dengan tuduhan melakukan diskriminasi terhadap anak seusai dengan UU Perlindungan Anak dan perbuatan tidak menyenangkan sesuai KUHP. Atas aduan ini, warga Majalengka bergejolak dan melaporkan balik Iwan dengan delik perbuatan tidak menyenangkan. Keduanya lalu sama-sama diadili.

Aop awalnya dihukum pidana percobaan di tingkat pertama dan banding. MA lalu membebaskan Aop karena sebagai guru, tugasnyalah mendidik siswa, termasuk mencukur siswa yang gondrong.

Bagaimana dengan Iwan? Ia awalnya juga dihukum percobaan di tingkat pertama. Tapi oleh Pengadilan Tinggi (PT) Bandung, majelis hakim mencoret hukuman percobaan dan menjatuhkan pidana penjara kepada Iwan selama tiga bulan. Hukuman kepada Iwan lalu dikuatkan di tingkat kasasi.
loading...

ADS

Astaghfirullah... Guru SD Cukur Rambut Anak Didiknya yang Gondrong, Namun Malah Diintimidasi dan Dikriminalisasi Orang Tua
4/ 5
Oleh

10 comments

January 3, 2016 at 12:40 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 3, 2016 at 12:41 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 3, 2016 at 12:42 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 3, 2016 at 10:53 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 3, 2016 at 10:19 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 3, 2016 at 11:48 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 4, 2016 at 7:33 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Anonymous
February 1, 2016 at 11:59 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Anonymous
February 2, 2016 at 12:01 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Anonymous
February 2, 2016 at 12:02 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...