Lakukan 9 Hal Ini untuk Menghindari Kejenuhan dalam Bekerja



Sahabat, pasti sudah pernah ya mengalami kejenuhan dalam bekerja, atau malah mungkin sering mengalaminya. Yups… pasti setiap kita mengalami titik di mana kita merasa jenuh dengan aktivitas kerja rutin kita sehari-hari apalagi pekerjaan yang monoton. Yuk kita simak tipsnya agar kejenuhan dalam bekerja enggan mendekati kita.
1. Meminta pekerjaan tambahan
Lho... ko begitu ya, kadang kejenuhan kita bekerja karena kita tidak mempunyai kesempatan mengerahkan seluruh potensi yang kita miliki. Mari coba kita dekati manager kita, minta pekerjaan tambahan untuk kita, yakinkan bahwa kita bisa melakukan pekerjaan baru.
2. Mencoba merubah ritme dan cara melakukan pekerjaan 
Sering kita terjebak dengan pekerjaan rutin yang biasa-biasa saja, cobalah untuk keluar . Ubah kebiasaan yang selalu kita lakukan setiap hari, dengan melakukan hal-hal yang baru. Atau bila ada kesempatan dari kantor apa saja bentuknya, coba saja ikuti.
3. Mempelajari sesuatu yang baru
Kehidupan dan pekerjaan menjadi membosankan ketika kita berhenti untuk belajar sesuatu yang baru. Coba belajar sesuatu yang baru dengan beragam cara, bisa dengan membaca buku, seminar atau workshop, loka karya pelatihan dan sebagainya.
4. Semakin aktif dengan bidang yang anda geluti
Kita bisa menghindari kejenuhan dengan mengobarkan kembali minat terhadap profesi saat ini. Coba ikut dengan komunitas yang bisa mendukung pekerjaan kita, ikut aktif menjadi pengurus atau hanya ikut aktif dalam setiap kegiatannya. Atau  mencoba membuka usaha yang sesuai dengan bidang yang kita inginkan.
5. Menyusun kembali pekerjaan kita
Cobalah cari pekerjaan yang seharusnya kita lakukan dan belum pernah dikerjakan.
6. Bila kita mempunyai masalah dengan rekan kerja, ungkapkan dan jangan sungkan
Pada banyak kasus sumber kejenuhan dan ketidak bahagiaan dalam bekerja adalah karena rekan kerja kita. Memendam dan menghindar dari masalah tidak dapat menyelesaikan maslah, coba ungkapkan yang menjadi masalah kita.  Bicarakan pada momen yang tepat dan dengan semangat kekeluargaan.
7. Pindah departmen
Bukan sesuatu yang tabu apabila kita pindah bidang yang memang kita merasa sangat tertarik dan antusias bila mengerjakannya, walaupun tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan kita.
8. Pindah tempat kerja
Mungkin ini pilihan terakhir, bila setiap keluhan kita tidak direspon baik oleh atasan, atau memang manajemen di perusahaan itu buruk untuk mengembangkan diri kita.
9. Berganti karier
Mungkin ini obat yang paling manjur, ketika kejenuhan itu sudah sangat parah.

7 Responses to "Lakukan 9 Hal Ini untuk Menghindari Kejenuhan dalam Bekerja"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    5. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete