Lima Sunnah Rasulullah Saat Berpakaian



Pakaian menjadi suatu cerminan diri seseorang dalam kehidupan. Apa yang dikenakan dianggap merupakan ekspresi jiwa. Dalam Islam, pakaian memiliki kedudukan tinggi karena dapat menutup aurat dan menjaganya.

Bahkan, mendapat pahala jika mengikuti sunah-sunah berpakaian yang diajarkan Rasulullah SAW berikut ini. Aktivitas sehari-hari selalu bernilai ibadah jika dikerjakan dengan mengikuti aturan-Nya. Dan inilah yang dicontohkan Rasul agar kita mendapat keberkahan atas rutinitas yang dilakukan. 

Termasuk untuk urusan berpakaian. Lima sunnah yang kerap dilakukan Rasulullah SAW ini hendaknya kita amalkan. Pastinya sebuah kebaikan jika Nabi terakhir ini selalu melakukan hal itu. Apa sajakah sunnah tersebut? Berikut informasinya. 

1. Berpakaian yang Memiliki Warna Putih
Sunnah pertama Rasulullah SAW dalam berpakaian yang pertama adalah berpakaian yang memiliki warna putih. Pakaian berwarna putih dianggap lebih baik dibandingkan mengenakan pakaian lainnya. Akan tetapi Rasulullah SAW juga tidak pernah melarang umatnya untuk mengenakan pakaian berwarna lain. 

Rasulullah SAW bersabda, “Pakailah pakaian putih, karena itu yang pakaian terbaik, dan kafanilah orang yang meninggal di antara kalin dengan kain tersebut,” (Shahih al-Jami’).

2. Berpakaian Gamis (Baju Kurung)
Tidak hanya mengenakan pakaian berwarna putih, Rasulullah SAW juga men-sunnahkan umatnya untuk berpakaian gamis. Yakni pakaian yang langsung yang menutupi seluruh tubuh hingga mata kaki. 

Hal ini sesuai dengan hadis ini, “Baju yang disenangi Rasulullah SAW adalah gamis,” (Shahih al-Jami’).

3. Mendahulukan yang Kanan dalam Setiap Keadaan
Selain dari segi pakaian, ada juga sikap Rasulullah dalam berpakaian yakni mendahulukan yang kanan dalam setiap keadaan. ‘Aisyah RA berkata, “Rasulullah SAW selalu mendahulukan yang kanan dalam setiap pekerjaannya, seperti dalam bersuci, berjalan, dan memakai sandal,” (HR Muttafaq ‘Alaih).

4. Membaca Doa Setiap Memakai Baju Baru
Baju termasuk salah satu bentuk rezeki yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, apabila kita membeli baju baru, lalu mengenakannya maka bacalah doa agar baju tersebut menjadi lebih berkah. 
Ini dia doanya, “Ya Allah, bagiMu segala puji, Engkau telah memberikan pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepadaMu kebaikannya dan kebaikan yang tercipta baginya, dan aku berlindung kepadaMu dari keburukannya dan keburukan yang tercipta baginya ,” (Shahih al-Jami’).

5. Mendoakan Orang yang Mengenakan Pakaian Baru

Rasulullah SAW tidak hanya menganjurkan umatnya untuk membaca doa saat mengenakan baru. Akan tetapi, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk mendoakan orang yang mengenakan pakaian baru. 

Ummu Khalid RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah menerima hadiah baju dengan gambar-gambar warna hitam, beliau berkata, “Siapa di antara kalin yang ingin mengenakan baju ini?” orang-orang diam, dan Rasul berkata, “ Panggil Ummu Khalid ke sini!” Maka aku dibawa kepada Nabi dan aku dipakaikan pakaian itu kepadaku dengan tangan beliau sendiri. Beliau berkata, “Semoga kamu panjang umur sampai baju ini rusak dan usang.” Nabi mangatakan hal itu dua kali. (HR. Al-Bukhari).

Demikianlah informasi mengenai lima sunnah Rasulullah SAW saat berpakaian. Sebagai kaum muslimin, kita harus senantiasa mengikuti anjuran yang diberikan oleh Rasullah. Selain akan memperoleh pahala, anjuran tersebut tentu juga akan berdampak baik bagi kehidupan kita di dunia.

0 Response to "Lima Sunnah Rasulullah Saat Berpakaian"

Post a Comment