Awas! 4 Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan THT, No 1 Sering Kita Lakukan



9TrendingTopicTelinga, Hidung, Tenggorokan atau lebih sering disingkat dengan sebutan THT, THT merupakan organ yang penting pada tubuh. Jika salah satunya mengalami gangguan, maka organ lain akan ikut terganggu dan menghalangi aktivitas sehari-hari. Namun masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menjaga kesehatan ketiga organ tersebut.

Justru terkadang kita melakukan kebiasaan yang dapat dapat membahayakan organ THT. Beberapa kebiasaan berikut seharusnya kurangi atau bahkan hilangkan demi menjaga kesehatan THT. Jika terus dilakukan, maka akan memberikan efek buruk yang membahayakan tubuh. Lalu, kebiasaan buruk yang bagaimanakah yang membahayakan organ THT? Berikut ulasannya. 

1. Aktifitas Mengupil

Kebiasaan pertama yang harus anda kurangi atau bahkan dihilangkan adalah mengupil. Memang pada dasarnya dengan mengupil akan membuat hidung kita menjadi bersih. Namun sesungguhnya, upil yang terdapat di hidung itu merupakan buangan dari manfaat penyaringan hawa oleh mukosa hidung, atau lendir berlebih yang kemudian menjadi kering. 

Namun, sebenarnya tubuh mempunyai kekuatan untuk mengeluarkan kotoran, seperti keringat, daki, BAB dan juga kotoran yang berasal dari hidung ataupun telinga. Akan tetapi, mengupil dapat dilakukan sesekali yakni ketika ada kotoran yang tersaring di bulu hidung. Tapi ada yang perlu diingat, anda harus berhati-hati ketika mengupil. 

Usahakan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu, karena jika tangan dan kuku kita kotor maka akan membuat trauma pada hidung. Selain bisa menyebabkan mimisan, dan bisul pada hidung cara mengupil yang salah juga akan menyebabkan infeksi berat yang berujung kematian. Tidak hanya itu saja, kebiasaan mengupil ini juga bisa menyebabkan kita terkena tumor jinak pada hidunga yang membuat kita harus menjalani operasi. 


2. Aktifitas Memasukkan Benda Asing

Kebiasaan selanjutnya yang harus diwaspadai adalah memasukkan benda asing ke dalam organ THT. Hal ini biasanya sering terjadi di kalangan anak-anak, itulah yang membuat kita harus memperhatikan apa saja yang dipegang oleh anak agar tidak dimasukkan ke dalam hidung ataupun telinga. Benda asing yang kerap ditemukan pada anak-anak antara lain kacang, busa sofa, peluru pistol-pistolan. 

Memang biasanya kemasukan benda asing ke dalam hidung ataupun telingan merupakan sebuah kecelakaan. Namun ada juga anak yang melakukannya secara sengaja, untuk itulah sangat diperlukan pengawasan dari orangtua. Memasukkan benda asing ke dalam organ THT tentu saja akan sangat berbahaya, karena untuk mengeluarkannya perlu dilakukan pencongkelan atau bahkan operasi yang dapat mengganggu fungsi organ tersebut. 


3. Aktifitas Merokok di Dekat Anak

Banyak orang yang mungkin sudah tahu bahwa rokok itu memiliki banyak bahaya terutama pada asapnya. Namun, masih saja banyak yang merokok di tempat umum seperti di bus, halte, pasar dan lain sebagainya. Asap rokok yang dihirup tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit pada telinga, hidung serta tenggorokan. Menghirup asap rokok akan membuat partikel dalam asap rokok dan beberapa zat yang terdapat di dalamnya akan membuat masalah pada rambut halus di mukosa hidung serta masalah produksi lendir. 

Itulah yang pada akhirnya akan menimbulkan pilek, nyeri teling, radang tenggorok, demam dan lain sebagainya. Bahkan jika kebiasaan ini terus berlanjut makan akan mengakibatkan permasalahan permanen pada hidung kita. 


4. Aktifitas Meneteskan Cairan Minyak atau Ramuan Tradisional

Banyak orang yang berasumsi apabila kotoran dalam telinga atau hidung susah keluar maka harus ditetesi minyak cairan atau sejenisnya. Namun, tahukah anda sebenarnya kebiasaan semacam ini akan mengakibatkan rusaknya fungsi silia  serta mukosa pada hidung. Terlebih lagi jika soluen ataupun kandungan zat aktif yang tidak sesuai alangkah lebih baik tidak digunakan. Jangan suka meneteskan cairan sembarangan, gunakanlah produk yang memang diperbolehkan untuk organ THT agar fungsinya tidak terganggu dikemudian hari.

Itulah keempat kebiasaan yang ternyata dapat membahayakan kesehatan organ THT kita. Apabila ada sering melakukan salah satu kegiatan di atas, berusahalah untuk menguranginya agar kesehatan organ THT anda tetap terjaga.

Semoga bermanfaat bagi sahabat tolongshareya agar dapat menjaga kesehatan THT



Sumber : infoyunik.com

0 Response to "Awas! 4 Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan THT, No 1 Sering Kita Lakukan"

Post a Comment