16 Kesalahan Muslim pada Bulan Ramadhan, No. 2 dan 12 Sering Kita Lihat

16 Kesalahan Muslim pada Bulan Ramadhan, No. 2 dan 12 Sering Kita Lihat

loading...
loading...


9TrendingTopicRamadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat dan keberkahan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan, Ramadhan adalah penghulu (pemimpin) dari sebelas bulan yang lain. Hanya orang yang kenal keistimewaan Ramadhan saja yang akan suka cita bila Ramadhan akan tiba, marilah kita sambut bulan suci ini yang tinggal beberapa minggu lagi dengan penuh suka cita. Tapi banyak kaum muslim yang melakukan kesalahan pada Bulan yang penuh barokah ini, berikut adalah 16 Kesalahan Muslim pada Bulan Ramadhan.
  1. Tidak berdoa sebelum berbuka padahal waktu mustajab.
  2. Tidak menjawab adzan Maghrib.
  3. Tidak shalat sunnah ba'diyah Maghrib.
  4. Tidak menyempurnakan shalat tarawih dan witir bersama imam sampai tuntas.
  5. Berlebihan dalam makan dan minum.
  6. Tidak mengkhatamkan Al-Qur'an dengan tadabbur.
  7. Shalat Maghrib di rumah bagi laki-laki karena sibuk dengan berbuka.
  8. Menyia-nyiakan waktu antara Maghrib - Isya' karena sibuk acara Buka bersama.
  9. Tidak sahur padahal sahur itu sunnah dan barokah.
  10. Tidak berdoa dan istighfar pada waktu sahur padahal waktu mustajab.
  11. Masih saja melakukan perbuatan haram seperti ghibah (menggunjing), namimah (adu domba), berbohong, menipu dan lainnya.
  12. Sibuk belanja di pasar, pertokoan, mall dan lainnya terutama pada malam-malam sepuluh hari terakhir Ramadhan.
  13. Sibuk menonton film, sinetron dan acara-acara munkar di TV dan lainnya.
  14. Sibuk dengan perangkat HP dan semisalnya sehingga lalai dalam membaca Al-Qur'an dan beribadah.
  15. Kurang memperhatikan amalan hati seperti cinta Allah, berharap kepada Allah, takut kepada Allah, tawakkal kepada Allah dan lainnya.
  16. Tidak berusaha membersihkan hati dari kotoran dan penyakitnya seperti syirik, kemunafikan, riya', sombong, ujub, hasad, iri, dengki dan lainnya.


Ya Allah, tolonglah dan bantulah kami untuk memperbaiki diri dan hati kami agar kami menjadi tergolong  orang-orang yang sukses dunia akhirat, aamiin.



Sumber Facebook Satria Hadi
loading...

ADS

16 Kesalahan Muslim pada Bulan Ramadhan, No. 2 dan 12 Sering Kita Lihat
4/ 5
Oleh

5 comments

June 5, 2016 at 3:59 AM delete

Iya. Bener semua itu yang 16 salah. Saya rasa kita perlu bikin tagline yang benar2 menggoda tiap muslim untuk cintai Ramadhan. Saya sangat percaya Ramadhan dan pernik2nya (puasa, pahala, keutamaan) adalah Produk.

Reply
avatar
June 5, 2016 at 4:01 AM delete

Maka seperti halnya Barang yang diumumkan di TV (bahasa Arabnya i'lan, diindonesiakan IKLAN) maka perlu kita bikin iklan yang saaaaaangat menggoda muslimin untuk cinta Ramadhan, hingga seperti orang yang sangat ingin mendapatkan mobil idamannya

Reply
avatar
June 5, 2016 at 4:04 AM delete

Saya rasa kita muslimin sejauh ini hanya bersedia menunjukkan kesalahan (sebagaimana artikel ini) namun jarang yang ajukan tips and tricks gimana agar muslimin bisa seperti yang diharapkan. Dalam hal ini mencintai Ramadhan sepenuh jiwa raga

Reply
avatar
June 5, 2016 at 4:09 AM delete

Kalo dari saya misalnya mengiming imingi muslimin bahwa setiap hal positif yang dilakukan di bulan Ramadhan itu diganjar tabungan pahala seberat bumi (hanya saja manusia tidak bisa melihat hasilnya saat di dunia). Bahkan menyirami satu tanaman kecil itu dihitung berbuat baik pada makhluk Allah, lalu Allah memberi pahala seluas hutan sawit

Reply
avatar
June 5, 2016 at 4:11 AM delete

Semoga Allah berkenan mengilhami jutaan muslimin Indonesia untuk berbuat kebaikan melulu, besar dan kecil, selama Ramadhan. Insya Allah

Reply
avatar

loading...