Subhanallah...!!! Inilah Hikmah, Manfat Dan Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah, Bacalah Setelah...

Subhanallah...!!! Inilah Hikmah, Manfat Dan Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah, Bacalah Setelah...

loading...
loading...


9TrendingTopicTidak bisa dipungkiri, sebagian orang muslim meyakini bahwa Surat Al-Waqiah memiliki hikmah serta keberkahan dan keutamaan yang mampu mengatasi masalah ekonomi. Barang siapa yang mengamalkan dan/atau membaca Surat Al-Waqiah secara rutin (istiqomah), Insya Allah akan dipermudah jalan rezekinya, sehingga perekonomiannya jadi lebih baik dari sebelumnya.

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah dan Hikmahnya. Dan yang palipopuler di masyarakat kita yaitu kalau Surat Al-Waqiah bisa jadi perantara seseorang digampangkan rezekinya, sehingga bisa terhindar dari kemiskinan.

Beberapa diantara Hikmah selengkapnya antara lain sebagai berikut :

Hikmah serta Keutamaan Surat Al-Waqiah Lengkap
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata : “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak lihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, serta penyakit dunia ; surat ini yaitu bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yg tidak tertandingi oleh yang lain. ” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata : “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, jadi bacalah surat AlWaqi’ah ; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah. ” (Tsawabul A’mal, hlm 117).
Ubay bin Ka’b berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa yang membaca surat Al-Wâqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai. ” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).
Abdullah bin Mas’ud berkata kalau Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya. ” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).
Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata : “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bln. purnama. ” (Tsawabul A’mal, halaman 117).
Berkata Masruq : “Siapa ingin tahu cerita orang-orang terdahulu serta orang-orang terkemudian, dan cerita ahli surga serta ahli neraka, penduduk dunia serta akhirat, jadi bacalah surat Al-Waqi’ah”. (Tafsir Jamal, Juz IV halaman 269)
Dengan mewiridkan surat Al-Waqi’ah sebagai bacaan rutin setiap hari dan malam, jadi Allah menjauhkan kefakiran selamanya. Sa’d Al Mufti mengatakan, bahwa hadist ini shahih.
Ibn Mardawaih daripada Anas : Kasyf al-Khafa, bahwa Rasulullah saw bersabda “Surah al-Waqiah yaitu surah kekayaan. Hendaklah kamu membacanya dan ajarkanlah ia kepada anak-anak kamu. ”
Riwayat daripada Ibn Mas‘ud : al-Azkar, al-Jami al-Soghir, bahwa Rasulullah saw bersabda “Sesiapa yang membaca surah al-Waqiah pada setiap malam ia tidak akan ditimpa kefakiran. ”
“Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia yaitu surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)
Itulah beberapa Keutamaan, Hikmah atau Fadhilah Membaca Surat Al-Waqiah. Seperti diketahui, Surat Al-Waqiah yaitu surat ke 56 yang terdiri dari 96 ayat, dan termasuk bebrapa golongan surat-surat makkiyah. Adapun isi pokok Surat Al-Waqiah yaitu tentang keimanan, gambaran peristiwa kiamat, gambaran tentang surga serta neraka.



sumber : redaksione.com
loading...

ADS

Subhanallah...!!! Inilah Hikmah, Manfat Dan Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah, Bacalah Setelah...
4/ 5
Oleh