Subhanallah! Inilah Penjelasan Mengapa dianjurkan Berbuka Puasa dengan Memakan Kurma!!



9TrendingTopic - Kurma, yang merupakan salah satu jenis makanan yang paling diburu saat bulan Ramadhan adalah menu buka puasa yang disarankan. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, mengapa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma untuk buka puasa?

Salah satu sunnah Rasulullah SAW adalah berbuka puasa dengan kurma. Beliau bersabda : “Apabila berbuka salah satu kamu, makahendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya,maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci.”

Dari Anas bin Malik ia berkata : “Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air.” (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud)
Selain sebagai sunnah Rasul, hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli juga telah menemukan berbagai manfaat kesehatan yang terdapat dalam kurma. Manfaat ini akan semakin terasa bagi orang-orang yang mengkonsumsinya saat berbuka puasa.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma untuk buka puasa:
  1. Kandungan kurma akan mengaktifkan kembali produksi enzim-enzim yang terdapat dalam pencernaan sehingga akan membuat pencernaan siap untuk kembali menerima makanan setelah tidak aktif selama seharian;
  2. Kurma mengandung serat yang akan membuat rasa lapar seseorang berkurang. Hal inilah yang membuat seseorang yang berbuka dengan kurma tidak akan makan terlalu banyak. Dengan begini, maka Andapun akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan;
  3. Kurma adalah makanan yang mudah untuk dicerna dan mudah diserap sehingga tubuh tidak membutuhkan begitu banyak energi untuk mencernanya;
  4. Kurma dapat mengembalikan energi untuk tubuh, sel otak dan saraf dengan cepat karena kurma kaya akan energi yang diperoleh dari gulanya.
  5. Kurma mengandung serat yang akan mencegah terjadinya sembelit bagi orang yang berpuasa. Sembelit terjadi karena adanya perubahan waktu makan serta tubuh yang tidak mendapatkan cairan selama beberapa jam saat berpuasa.
Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan kurma sebagai salah satu menu buka puasa Anda untuk mengikuti Sunnah Rasul sekaligus mendapatkan manfaat sehatnya.

0 Response to "Subhanallah! Inilah Penjelasan Mengapa dianjurkan Berbuka Puasa dengan Memakan Kurma!!"

Post a Comment