Subhanallah! Inilah Foto Penampakan Matahari Tepat di Atas Kabah Saat Azan



9TrendingTopic - Pada Jumat kemarin, Matahari berada tepat di atas Kabah. Posisi tersebut terjadi pada pukul 12.27 waktu setempat, atau bertepatan saat azan Sholat Jumat berkumandang di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi.

Dikutip Dream dari laman Saudi Gazette, Matahari tegak lurus di atas tempat paling suci bagi umat Muslim itu. Sehingga, selama beberapa saat tak ada bayangan sama sekali.

Peristiwa ini merupakan yang ke dua dalam tahun 2016. Sebelumnya, pada 27 Mei, Matahari berada tepat di atas Kabah pada pukul 12.18 waktu setempat.

Setiap tahun, dua kali Matahari berada tepat di atas Kabah. Sehingga saat itulah banyak dimanfaatkan oleh sebagian umat Muslim untuk meluruskan arah kiblat.

Fenomena Kali Ini Sangat Unik

Menurut Mulhim Bin Muhammad Al-Hindi, peneliti ilmu astronomi dan luar angkasa Universitas King Abdulaziz University, fenomena kali ini sangat unik. Sebab terjadi pada hari Jumat dan tepat dengan azan sholat berkumandang.

“Fenomena Matahari ini memungkinkan masyarakat di seluruh dunia yang bisa melihat Matahari saat itu untuk menentukan kiblat dengan cara paling sederhana dan mudah,” kata dia.

“Siapapun yang menghadap Matahari saat itu akan menghadap ke Kabah dengan akurasi 100 persen,” tambah Al-Hindi.

Menurut dia, saat Matahari berada tepat di atas Kabah penentuan arah kiblat bisa dilakukan dengan melihat bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus.

“Jika sebuah pena didirikan tegak lurus, maka arah kiblat tepat pada arah yang berlawanan dengan bayang-bayang pena,” kata dia.

Begini penampakannya:



sumber : dream.co.id

0 Response to "Subhanallah! Inilah Foto Penampakan Matahari Tepat di Atas Kabah Saat Azan"

Post a Comment