ASTAGHFIRULLAH!! Beginilah 4 Dampak Mengerikan Lihat Ponsel Lebih dari 2 Jam



9TrendingTopicAktivitas sehari-hari manusia kini tak pernah lepas dari tatapan layar smartphone. Smartphone memang bisa membantu segala keperluan manusia, namun menatap layar smartphone terlalu lama sebaiknya dihindari karena mempunyai dampak buruk pada tubuh. 

Berikut ini empat efek negatif menatap layar smartphone lebih dari dua jam terhadap kesehatan tubuh, dikutip dari CuriousMob.

1. Mata Tegang 

Dalam laporan The Vision Councils 2005 Digital Eye Strain Report, ada 37 persen pengguna yang menghabiskan minimal 9 jam untuk melihat smartphone mereka. 7 dari 10 pengguna mengeluhkan mata tegang seperti mata kering, iritasi, kemerahan, bahkan sakit kepala karena menatap layar terlalu lama. Untuk menghindari mata tegang, pengguna perlu membatasi pemakaian smartphone, terutama di tempat tidur. Rebahkanlah leher beberapa kali dalam sehari untuk mengistirahatkan otot-otot yang berhubungan dengan aktivitas menatap layar ponsel.

2. Bantalan tulang bergeser

Pengguna akan memberatkan kepala mereka enam kali lipat ketika menunduk sekitar sudut 60 derajat untuk melihat ponsel. Jika dilakukan pada waktu yang lama, kondisi ini akan mengakibatkan bantalan tulang bergeser. Pergeseran tersebut diakibatkan salah satu cakram di antara tulang belakang rusak dan akhirnya menekan syaraf. Untuk mengatasinya, perbaiki postur tubuh dengan cara selalu bekerja dengan kepala tegak, telinga di atas bahu dan dada menjulang ke depan. Ketua penelitian, Amu Cuddy mengatakan jika postur tubuh seperti itu akan merangsang produksi testosteron yang akan meningkatkan rasa percaya diri bahkan ketika bekerja dalam tekanan.

3. Cepat tua

Laporan kesehatan menyebutkan bahwa banyak orang muda kini meminta pengobatan Botox untuk mengatasi kerutan dini yang diakibatkan menatap ponsel terlalu lama. Penuaan dini ini terjadi karena pengguna sering menekuk leher untuk memeriksa notifikasi ponsel. Untuk mengatasinya, pengguna hanya perlu berhenti menghabiskan waktu sepanjang hari untuk menatap layar ponsel dan biarkan leher beristirahat.

4. Kesepian 

Secara tidak langsung ponsel akan membuat pengguna canggung terhadap kehidupan sosial dan memangkas kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain. Ketika pengguna terbiasa berurusan dengan orang secara online, maka mereka bisa merasa takut ketika berinteraksi di dunia nyata.



sumber : forum.suara.com

0 Response to "ASTAGHFIRULLAH!! Beginilah 4 Dampak Mengerikan Lihat Ponsel Lebih dari 2 Jam"

Post a Comment