Astaghfirullah!! Ternyata Mandi Setelah Bangun Tidur Itu Sangat Berbahaya



9TrendingTopicTidur merupakan tahap dimana tubuh mengalami fase istirahat sehingga otak juga tidak sepenuhnya bekerja. Setelah terbangun dari tidur biasanya orang akan langsung menuju kamar mandi atau terburu – buru beranjak. Hal sepele ini ternyata berpotensi mendatangkan gejala gangguan kesehatan yang diakibatkan tidak lancarnya peredaran darah.

Cara termudah untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan yakni dengan memberikan waktu bagi tubuh tetap berbaring lalu duduk perlahan. Dengan memberikan jeda ketika bangun tidur untuk tidak segera beranjak atau mandi akan meminimalisir gejala postural hipotensi.

Tubuh yang langsung terguyur air ketika bangun tidur secara langsung akan mengakibatkan kagetnya saraf – saraf tubuh. Kesalahan yang paling sering dilakukan yakni terbangun seketika untuk bergegas mandi. Jika kita mengamati dengan teliti, jantung terasa berdebar dengan tubuh yang belum seimbang ketika berjalan. Secara medis, kebiasaan tersebut dapat berpotensi menyebabkan tubuh terserang hipotensi postural atau hipotensi ortostastik bahkan dislokasi tulang pinggul. Berikut beberapa bahaya bangun tidur langsung mandi :

1. Tekanan Darah Tidak Stabil
Kondisi tubuh ketika tertidur akan berada pada posisi rileks dimana tekanan darah akan tersuply secara merata keseluruh bagian tubuh terutama otak. Ketika terbangun dari tidur dan langsung beranjak mandi maka darah akan menuju kaki secara mendadak. Hal ini dipengaruhi oleh gaya grafitasi yang menyebabkan darah mengalir serta terkonsentrasi dibagian bawah yakni kaki. Akibatnya kinerja dan fungsi refleks sistem saraf yang mengendalikan organ tubuh akan terganggu.

2. Jantung Berdebar lebih Kencang
Tekanan darah yang tidak stabil akan menyebabkan minimnya supply darah menuju otak dan jantung. Hal ini menyebabkan rasa pusing serta berjalan dengan tidak seimbang ketika beranjak dari bangun tidur langsung mandi. Sel – sel khusus atau baroreceptors yang berada disamping jantung serta artetri yang terdapat pada leher akan berusaha menurunkan tekanan darah.

Proses penetralan ini dilakukan dengan cara memompa darah lebih banyak guna menstabilkan kembali tekanan darah pada kondisi normal. Dampak dari proses tersebut yakni adanya debar jantung yang lebih kencang dari biasanya.

3. Dislokasi Tulang Pinggul
Ancaman ini dapat terjadi ketika tubuh berdiri atau beranjak seketika setelah tidur. Biasanya orang yang terbangun ditengah malam karena ingin buang hajat kekamar mandi tidak  akan berpikir untuk memberikan jeda waktu bagi tubuh sebelum beranjak. Hal ini merupakan kebiasaan yang apabila dilakukan dalam jangka panjang dapat berpotensi menyebabkan dislokasi tulang pinggul.

Dislokasi tulang pinggul merupakan gejala dimana tulang pinggul mengalami pergeseran pada tempat yang tidak seharusnya. Pada umumnya pergeseran tulang ini diakibatkan oleh benturan keras pada tubuh. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa gaya hidup yang salah seperti beranjak seketika setelah terbangun dari tidur juga berpotensi terancam dislokasi tulang pinggul. Sebaiknya kita tidak terburu – buru untuk mandi setelah terbangun dari tidur, berikan jeda waktu sebentar bagi tubuh untuk berfungsi kembali.

4. Kematian Mendadak
Bagi sebagian orang yang mempunyai keterbatasan waku untuk istirahat atau tidur sebaiknya tidak mandi pada pagi harinya. Misalkan dalam semalam anda hanya mempunyai waktu istirahat tidak lebih dari satu jam maka sebaiknya tidak terburu – buru untuk mandi setelah bangun tidur.

Bahkan aktivitas mandi ini dianggap terlarang dilakukan apabila seseorang tersebut tidak melakukan istirahat sama sekali. Kondisi tubuh yang berkerja terus – menerus akan menyebabkan suhu tubuh bagian dalam mengalami pemanasan sehingga ketika secara mendadak tersiram air yang dingin akan menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil yang diakibatkan penururan suhu tubuh secara spontan. Jika daya tahan seseorang berada pada kondisi yang tidak baik akan menyebabkan kematian secara mendadak akibat serangan jantung.

5. Tubuh Gagal Merespon
Ketika kondisi tubuh berada pada keadaan yang baik maka mandi yang dilakukan secara langsung setelah bangun tidur tidak akan menunjukan gejala gangguan kesehatan secara langsung. Hal ini karena sistem tubuh mempunyai sirkulasi serta kekebalan yang tangguh. Namun kondisi tersebut biasannya tidak berlangsung lama sehingga nantinya juga berpotensi menyebabkan kegagalan tubuh dalam merespon perubahan kondisi tubuh seperti munculnya rasa pusing, pandangan kabur, keringat dingin, rasa lelah lesu serta kesemutan pada bagian tertentu.

Apabila kondisi ini dibiarkan secara terus menerus akan memicu timbulnya gangguan kesehatan seperi hipertensi atau tekanan darah tinggi, naiknya kadar kolesterol, stroke ringan bahkan serangan jantung yang berpotensi menyebabkan kematian.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Bangun Tidur

Guna menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan sebaiknya kita mengetahui bagaimana pencegahan atau langkah konkrit yang dapat ditempuh. Kebiasaan bangun tidur langsung mandi nyatanya tidak baik bagi kesehatan tubuh, jadi sebaiknya kita menghindari untuk melakukan aktivitas tersebut. Berikut ini hal – hal yang harus dilakukan setelah bangun tidur :
  1. Tarik nafas secara dalam guna merileksasi tubuh
  2. Lakukan peregangan sederhana sebelum beranjak bangun
  3. Minum segelas air putih yang bermanfaat dalam membantu merangsang sistem saraf serta melancarkan kinerja sistem pencernaan tubuh.
  4. Setelah tekanan darah pada tubuh telah seimbang, mandi dapat mengembalikan kebugaran dan kesegaran tubuh.
  5. Lakukan olah raga seperti berjalan santai atau senam lantai untuk peregangan otot – otot yang kaku.

Akibat bangun tidur langsung mandi harus anda perhatikan, karena efeknya bagi tubuh cukup berbahaya. Sebaiknya anda menghindari agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.



sumber : halosehat.com

0 Response to "Astaghfirullah!! Ternyata Mandi Setelah Bangun Tidur Itu Sangat Berbahaya"

Post a Comment