Kamu Bakal Terkejut, Setelah Mengetahui Apa yang Dipikul 2 Lekaki ini



9TrendingTopicKamu Bakal Terkejut, Setelah Mengetahui Apa yang Dipikul 2 Lekaki ini..

Nasib nahas dialami seorang nenek 70 tahun, Salamani Barik. Janda warga distrik Balasore, negara bagian Odisha tersebut tertabrak kereta tak jauh dari rumahnya. Korban pun dibawa ke Puskesmas setempat, namun akhirnya meninggal setelah ditelantarkan selama berjam-jam.

Jenazah tak bisa dikremasi sebelum diotopsi. Untuk itu, jenazah harus dibawa ke rumah sakit Balasore, yang jaraknya 30 kilometer. Tapi warga setempat tak ada yang mampu menyewa ambulans seharga 3.500 rupee. Setelah urunan, para tetangga hanya mampu mengumpulkan 1.000 rupee.

Tak ada pilihan lain, dua lelaki tetangga Salamani Barik, akhirnya membungkus jenazah dengan karung. Lalu korban dikaitkan pada sebatang bambu, untuk dipikul dibawa ke rumah sakit.

Atas kelalaian pemerintah yang tak memberikan bantuan, tadinya anak korban, Rabindra Barik, berniat melaporkan kasus ini ke polisi. Namun hal itu batal dilakukan. "Siapa yang peduli dengan orang miskin seperti kami," dalihnya.

Kasus ini pun mendorong Komnas HAM setempat memperkarakan kepala daerah dan kepolisian khusus kereta api. Mereka diminta membuat laporan atas kasus yang melukai rasa kemanusiaan ini dalam waktu 4 minggu. 

Kasus serupa ini sudah beberapa kali terjadi di negara bagian Odisha. Kepala Pemerintahan Odisha, Naveen Patnaik akhirnya meluncurkan layanan ambulans dan mobil jenazah gratis. Kendaraan ini disiapkan di 3 perguruan tinggi dan 30 rumah sakit kabupaten. 



sumber : arah.com

0 Response to "Kamu Bakal Terkejut, Setelah Mengetahui Apa yang Dipikul 2 Lekaki ini"

Post a Comment