Masya Allah!!! Demi Berhaji, Muslim Tiongkok Bersepeda 8.150 Km ke Mekah



9TrendingTopicNiat haji tentu ada dalam diri setiap Muslim. Mereka tentu berusaha agar niat tersebut terwujud, sekaligus menggenapkan kewajiban sebagai Muslim.

Hal yang sama dijalankan oleh seorang Muslim asal Xinjiang, Tiongkok, Mohammad. Dia tidak termasuk Muslim yang mampu secara harta, namun niatnya untuk berhaji sangat kuat.

Demi bisa menunaikan rukun Islam ke lima itu, Mohammad rela bersepeda dari Xinjiang. Dia menempuh jarak mencapai 8.150 kilometer menuju Arab Saudi.

Taif menjadi pintu gerbang masuknya Mohammad ke Saudi. Sesampai di kota itu, Mohammad disambut dengan meriah oleh komunitas sepeda setempat.

"Kami merupakan komunitas sepeda pertama di Arab Saudi yang menyambut pesepeda Tiongkok dan kami berharap komunitas sepeda di kota lain berkenan membantu dia," ujar Ketua Komunitas Sepeda Taif, Nayef Al Rawas, dikutip dari gulfnews.com, Senin 22 Agustus 2016.

Pada Sabtu pekan lalu, Badan Administrasi Keagamaan Tiongkok (SARA) menyatakan terdapat sekitar 14.500 Muslim di Negeri Tirai Bambu itu yang menunaikan ibadah haji tahun ini.

Tiongkok menerbangkan 37 pesawat untuk mengantarkan para Muslim beribadah haji pada Jumat pekan lalu. Menurut Kantor Berita Xinhua, sebanyak 11.000 jemaah haji Tiongkok sudah berada di Mekah.

Haji merupakan ritual ibadah tahunan. Sekitar tiga jutaan Muslim berkumpul di Mekah dan Madinah untuk menunaikan ibadah haji.

Meski banyak tantangan, itu tidak menghalangi para Muslim pergi ke Saudi. Kebanyakan Muslim dari kawasan Asia kerap pergi haji dengan cara yang ekstrim.

Pada Mei 2014, sekelompok Muslim asal Malaysia mengendarai sepeda dari Kuala Lumpur menuju Madinah. Sebanyak 12 orang anggota kelompok tersebut meninggalkan Ibukota Malaysia itu dan menempuh 12 negara dan berhenti di 53 kota.

Kelompok tersebut mengungkapkan perjalanan mereka selama dua bulan ditempuh dengan ringan tanpa sedikitpun kendala berarti. Masalah hanya mereka temui ketika melewati perbatasan.

"Kebanyakan kami dicegah masuk oleh penjaga perbatasan," kata mereka.


sumber : islamku.top

0 Response to "Masya Allah!!! Demi Berhaji, Muslim Tiongkok Bersepeda 8.150 Km ke Mekah"

Post a Comment