Buat Seluruh Wanita Catat Ini!! Inilah 7 Hal Penting yang Harus Kamu Siapkan Menjelang Persalinan!Nomer 1 yang Paling Utama!!

Buat Seluruh Wanita Catat Ini!! Inilah 7 Hal Penting yang Harus Kamu Siapkan Menjelang Persalinan!Nomer 1 yang Paling Utama!!

loading...
loading...

9Trendingtopic - Saat kehamilan di minggu-minggu terakhir dan menjelang persalinan, tentunya akan menimbulkan rasa cemas dan takut. Hal ini sangatlah wajar, terutama pada ibu yang baru pertama menjalani kehamilan. Biasanya, kecemasan muncul karena ibu hamil merasa kurang persiapan untuk menyambut persalinan.

Apa sajakah yang harus disiapkan oleh ibu hamil menjelang persalinan? Ternyata ibu hamil tidak hanya wajib mempersiapkan perlengkapan persalinan secara fisik, tapi juga psikis, juga dukungan dari orang-orang tercinta.

Persiapan yang lengkap akan membuat ibu hamil merasa tenang dan nyaman dalam menyambut moment paling berharga dalam hidupnya, yakni persalinan. Bagi ibu yang sudah hamil lebih dari satu kali, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Tapi bagi calon ibu yang masih baru menjalani persalinan, kondisi tersebut seringkali membuat mereka bingung atau stress. Nah, agar ibu hamil  bisa lebih tenang dalam menjalani persalinan, simak penjelasan berikut:

1. Persiapan mental

Persiapan fisik saja tidaklah cukup, harus didukung dengan persiapan mental yang  baik, karena banyak ibu  hamil yang proses persalinannya terhambat hanya gara-gara kurangnya persiapan mental.  Diantara persiapan mental yang bisa dilakukan, antara lain : mengonsumsi makanan bernutrisi, melakukan senam hamil, dan berdoa.

2. Dukungan dari keluarga

Dukungan penuh dari keluarga merupakan salah satu suntikan kekuatan bagi ibu dalam menghadapi persalinannya.  Oleh karena itu, pastikan ibu hamil mendapatkaan dukungan penuh dari keluarga dan orang-orang tercinta.

3. Perlengkapan Ibu dan Bayi

Perlengkapan ibu dan bayi selama masa persalinan harus dipersiapkan dengan baik setidaknya sebulan sebelum persalinan berlangsung. Apa sajakah yang harus disiapkan? Beberapa yang harus disiapkan, antara lain : popok bayi, selimut,  sarung tangan dan kaki, topi, perlak, selimut dan perlengkapan bayi lainnya. Untuk ibu, antara lain : bra khusus menyusui, baaju kaancing depan, gurita, jarit, minyaak kayu putih, pembalut khusus, dan lain sebagainya.

4. Memahami tanda-tanda persalinan

Memahami tanda-tanda persalinan adalah hal yang wajib dilakukan, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui menjelang persalinan, misalnya kontraksi palsu, pembukaan 1-10, pecah ketuban dan lainnya. Tidak adanya pengetahuan tentang tanda-tanda persalinan tentu akan membuat calon ibu merasa lebih cemas dan stress. Anda bisa mendapatkan informasi tentang tanda-tanda persalinan dari dokter, internet aatau informasi dari keluarga.

5. Cara melahirkan
Cara melahirkan termasuk satu hal yang harus dipersiapkan sejak awal agar memudahkan Anda mendapatkan pertolongan pertama ketikaa di Rumah Sakit. Untuk memastikan  pilihan tentang cara persalinan, Anda bisa konsultasi ke dokter kandungan mengenai informasi kelebihan dan kekurangan metode persalinan. Selain itu rutinlah periksakan kehamilan Anda ke dokter agar Anda tahu kemungkinan bisa melahirkan secara normal atau harus Caesar.

6. Tempat persalinan
Memilih tempat persalinan termasuk hal yang wajib dipersiapkan oleh ibu hamil agar bisa menjalani masa persalinannya dengan tenang. Yang harus diperhatikan dalam memilih tempat persalinan, antara lain : lokasinya harus dekat dari rumah, akses jalan harus lancar (tidak macet), pelajari prosedur persalinan di lokasi persalinan (syarat administrasi, nomor telepon, biaya, ruang bersalin, dan lain sebagainya), dan  kelengkapan fasilitas di tempat persalinan.

7. Transportasi
Transportasi termasuk satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, karena kita tidak tahu kapan waktu melahirkan akan tiba. Selain itu, transportasi yang tidak siap juga bisa menjadi kendala terlambatnya pertolongan medis pada ibu hamil, sehingga masalah buruk bisa saja menimpa ibu maupun  bayi. Jika ingin menggunakan mobil pribadi, pastikan mobil dalam kondisi siap. Namun jika menggunakan kendaraan umum, pastikan memiliki nomor kontak agar siap memanggil kapanpun dibutuhkan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita  semua....

sumber: dewi-19.blogspot.com
loading...

ADS

Buat Seluruh Wanita Catat Ini!! Inilah 7 Hal Penting yang Harus Kamu Siapkan Menjelang Persalinan!Nomer 1 yang Paling Utama!!
4/ 5
Oleh

loading...