Bunda Harus Tau ! Hemat Gas dan Air Serta Praktis dengan Merebus Telur di Rice Cooker! Begini Caranya

Bunda Harus Tau ! Hemat Gas dan Air Serta Praktis dengan Merebus Telur di Rice Cooker! Begini Caranya

loading...
loading...

9Trendingtopic - Merebus telur memakai rice cooker sangatlah mudah dan jauh lebih praktis. Merebus telur jadi satu kegunaan rice cooker yang bisa dimanfaatkan di rumah terutama bagi anak-anak kos yang tidak memiliki akses ke dapur dan hanya memiliki rice cooker di kamar kos mereka. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan para ibu rumah tangga juga akan memanfaatkan rice cooker mereka untuk merebus telur selain tentunya dapat menghemat gas, merebus telur memerlukan waktu yang cukup lama sehingga jika merebus telur menggunakan rice cooker, ibu rumah tangga bisa memanfaatkan kompor yang ada untuk memasakan makanan lain.

Merebus telur dengan rice cooker selain tentunya menghemat gas ternyata juga menghemat banyak waktu dan air tentunya. Ternyata ada dua cara untuk merebus telur dengan rice cooker, dengan air dan tanpa air.

Memasak Telur dengan Air


  1. Pertama cuci telur sampai bersih.
  2. Siapkan panci rice cooker dan masukkan ke dalam rice cooker kemudian isi dengan satu gelas air. Sangat hemat kan dibandingkan ketika harus merebus telur yang biasanya menggunakan air yang relatif banyak sampai telur tenggelam.
  3. Setelah itu siapkan rak steamer dan susuk telur di rak steamer.
  4. Kemudian tutup rice cooker.
  5. Tunggu seperti ketika memasak nasi yaitu ketika tombol ‘cook’ berpindah ke mode ‘warm’ yang artinya menandakan telur sudah masak.
  6. Biarkan sejenak sebelum diangkat dan disajikan atau boleh juga diolah menjadi jenis masakan lain.

Memasak Telur tanpa Air


  1. Pertama cuci telur sampai bersih kemudian keringkan.
  2. Siapkan tisue kertas khusus dapur yang biasanya digunakan untuk alas gorengan. Tekstur tissue ini relatif lebih tebal jika dibandingkan dengan tissue biasa. Basahi tissue tersebut dengan air dan letakkan di dalam teflon rice cooker.
  3. Setelah itu letakkan telur-telur yang tadi sudah dicuci bersih dan dikeringkan ke dalam panci rice cooker.
  4. Kemudian masak seperti biasa sampai tombol ‘cook’ kembali menunjuk ke mode ‘warm’.
  5. Tunggu sekitar 10 menit sebelum dibuka dan telur siap untuk disantap.


Yang Perlu Diperhatikan Ketika Merebus Telur dengan Rice Cooker

Namun demikian karena fungsi utama rice cooker bukan untuk merebus telur, terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatikan Anda ketika ingin merebus telur menggunakan rice cooker.


  1. Jenis rice cooker sangatlah bermacam-macam bahkan kemampuan setiap rice cooker juga berbeda-beda. Jadi lama waktu yang diperlukan untuk merebus telur dengan rice cooker juga berbeda-beda.
  2. Kemampuan rice cooker dalam mendeteksi titik didih air sangat berbeda ketika rice cooker menditeksi nasi sudah masak, jadi pastikan Anda memahami kemampuan rice cooker Anda terutama ketika merebus telur dengan air, ditakutkan air sudah terlanjur kering dan telur belum masak yang justru akan merusak lapisan teflon pada panci rice cooker.
  3. Ketika merebus telur tanpa air dengan rice cooker pastikan kondisi teflon rice cooker Anda dalam keadaan sempurna tidak ada bagian yang mengelupas karena jika tidak ada kemungkinan lapisan tissue akan menempel pada panci rice cooker dan akan membuat kondisinya yang sudah rusak menjadi tambah parah.


Jadi Anda tidak perlu risau lagi ketika keluarga Anda ingin minta direbuskan telur karena cara ini ternyata sangatlah hemat dan praktis. Hemat dalam artian, Anda tidak perlu menggunakan gas dan tidak perlu menggunakan banyak air, praktis karena saat memasak telur, Anda memiliki banyak waktu dan kompor nganggur untuk memasak makanan yang lain untuk keluarga Anda. Selamat mencoba.

sumber : ricecooker.co.id
loading...

ADS

Bunda Harus Tau ! Hemat Gas dan Air Serta Praktis dengan Merebus Telur di Rice Cooker! Begini Caranya
4/ 5
Oleh