Inilah 8 Resep Infused Water Sederhana Agar Kamu Tetap Semangat Selama Berpuasa!! Langsung Coba Aja..

Inilah 8 Resep Infused Water Sederhana Agar Kamu Tetap Semangat Selama Berpuasa!! Langsung Coba Aja..

loading...
loading...


9Trendingtopic - Alhamdulillah kita sekarang memasuki bulan puasa, dengan niat kuat semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Nah.. yang namanya manusia itu mutlak butuh minum air. Lebih dari 50% badan kita aja terdiri dari cairan, kalau kurang asupan cairannya bisa-bisa badanmu ‘macet’. ‘Macet’nya kreasi Tuhan yaitu tubuh kita ini akibatnya bahaya. Jadi pastikan kamu gak pernah kurang minum.

Tapi bosen ah, masa’ minum air putih terus…

Nah, kalau kamu termasuk golongan yang gak doyan sama air putih, infused water adalah solusi yang harus kamu coba! Infused water itu air yang ‘disisipi’ sama rasa lain. Tapi, pilihan dan sumber rasanya bebas dari bahan kimia buatan yang bisa berefek negatif pada tubuh. Alih-alih ditambahi serbuk, infused water menggunakan bahan seperti buah-buahan, sayuran, dan tanaman herbal. Untuk membuatnya, kamu tinggal merendam bahan-bahan itu dalam air putih.

Nah, resep-resep infused water apa saja sih yang bisa kamu coba? Untuk permulaannya, coba deh yang sudah Hipwee kumpulkan di bawah ini!

1. Resep paling klasik dan mudah ditemukan adalah infused water dengan campuran buah sitrus

Resep ini bisa jadi racikan infused water yang pertama kali dibuat kali ya. Menambahkan potongan lemon ke dalam air minum dari dulu emang udah terkenal bakal buat rasa air tambah segar. Kandungan vitamin C-nya juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buah sitrus ini juga cocok banget untuk infused water karena konsentrasi rasanya bisa keluar dengan baik alias ‘kerasa’.

Nah tapi yang seringkali jadi masalah dan buat infused water ini gagal adalah kulit lemon, jeruk nipis, atau jeruk lain yang menimbulkan rasa pahit kalau direndam lama-lama. Padahal semakin lama direndam, rasanya akan semakin yahud. Jadi gimana dong? Ya buang aja kulit-kulitnya terlebih dulu.

Sebenarnya sih gak ada resep yang pakem untuk rasio antara air dan buahnya, tergantung selera aja. Kalau kamu suka rasa kecut-kecut sitrus boleh masukin banyak-banyak. Kalau mau yang sedang-sedang saja, sekedarnya saja masukin buah-buahnya. Tapi kalau mau ngikuti yang udah ahli buat infused water ini nih resepnya.

Untuk 1 liter air, kamu cukup menyiapkan 1 buah lemon dan 1 buah jeruk nipis. Cukup masukkan 2 potongan lemon dan 2 potongan jeruk nipis yang udah dikuliti. Lalu peras sari dari buah yang tersisa untuk menguatkan rasa. Rendam dan simpan di kulkas selama 24 jam untuk hasil optimal atau minimal 3 jam biar sekedar kerasa. Minuman ini bisa kamu terus minum selama 2 hari jika disimpan di kulkas.

Nah kalau tampilannya kurang menarik karena buahnya sudah dikuliti, kamu bisa saring lagi infused watermu dan tambahkan potongan baru lemon dan jeruk nipis yang gak dikuliti biar cantik.

2. Rasa semriwing alami yang bisa membuatmu lupa sama minuman soda: infused water dengan daun mint

Disamping buah sitrus, daun mint juga merupakan salah satu rasa yang selalu bisa diandalkan dalam ilmu meracik infused water. Haduh dah berasa sekolah aja pakai ilmu-ilmuan. Artinya dipadu-padankan dengan buah atau sayuran apapun, rasa mint ini cuma bakal membuat rasa infused watermu tambah enak. Daun mint juga kaya dengan kandungan antioksidan yang bagus untuk pencernaan dan tentunya bisa buat nafasmu gak bau.

Lagi-lagi, gak ada aturan pakem untuk mencampur daun mint dan airmu. Yang perlu diingat adalah untuk merobek atau meremat daun mintnya terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan air. Langkah ini bertujuan untuk melepaskan minyak alami dari daun mint-nya. Lalu simpan dan didinginkan dalam kulkas semalaman. Kalau udah mau diminum, lebih baik air disaring dulu dan tambah es untuk efek yang lebih semriwing.

3. Rasa segar yang baik untuk otot dan kulitmu: infused water dengan timun

Nah ini nih satu lagi bahan yang juga bisa jadi pilihan utamamu dalam racikan infused water, timun. Kenapa timun adalah pilihan ciamik untuk infused water? Selain rasanya yang segar, kulitnya tidak akan membuat infused watermu pahit seperti lemon atau jeruk. Jadi membuat infused water dengan timun jauh lebih gak repot. Pastikan saja kamu tidak lupa mencuci timun atau buah-buah lain dengan baik supaya tidak ada sisa pestisida dalam minumanmu. Kan mau buat minuman sehat, masa dimasukin racun?!

Disamping gak repot, timun juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan silika dalam timun ternyata baik untuk menjaga kesehatan otot dan kulitmu. Potongan timun yang sudah direndam berjam-jam dalam air dingin pun bisa digunakan sebagai masker untuk mengurangi peradangan jerawat. Airnya selain jadi minuman segar, juga bagus untuk cuci muka. Wah multifungsi banget ya sayuran satu ini.

Untuk rasa terbaik, kamu perlu membiarkan infused water selama 12 jam. Infused water ini juga gak perlu repot-repot kamu saring lho, tinggal minum aja.

4. Infused Water dengan campuran stroberi, jeruk nipis, timun, dan mint

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 4 buah stroberi, 1 buah jeruk nipis, 1/2 buah timun, dan daun mint secukupnya. Simpan dan dinginkan di kulkas. 10 menit aja sebenarnya udah kerasa, tapi kalau mau lebih nendang simpan saja semalaman.

Stroberi itu buah yang oke banget untuk infused water karena bisa tetap menjaga bentuk dan rasanya walau udah berjam-jam direndam. Apalagi warnanya juga cantik.

5. Infused Water nanas + mint

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 1/2 buah nanas potong, dan 6-8 lembar daun mint. Nanas itu termasuk buah yang butuh waktu cukup lama supaya rasanya keluar. Jadi pastikan kamu sudah menyimpan rendaman ini paling tidak selama 8 jam sebelum diminum. Hasil terbaik akan diperoleh dari rendaman 8-12 jam. Infused water ini juga lebih baik disimpang dengan menggunakan botol atau kontainer yang ada tutupnya.

Nanas sendiri kaya dengan kandungan bromelain yang sangat bagus untuk melindungi persendianmu dan juga ampuh untuk melancarkan pencernaanmu. Rasa manis alami nanas juga cocok dengan berbagai kombinasi buah atau sayuran lain lho.

6. Belimbing dengan stroberi: infused water segar plus rendah kalori

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 1 buah strawberry dan 3 potong belimbing. Pastikan kamu memilih buah belimbing yang benar-benar sudah matang sehingga rasa manisnya nendang. Persiapan untuk resep ini juga tergolong gak repot karena kamu gak perlu mengupas apapun, tinggal potong-potong aja. Simpan rendaman ini selama 4-24 jam di kulkas, lalu langsung dinikmati.

Selain kandungan vitamin C-nya yang tinggi, belimbing juga merupakan salah satu buah dengan kalori terendah. Artinya walaupun manis, minuman ini ternyata rendah kalori. Jadi minum banyak-banyak juga gak apa-apa.

7. Infused water semangka dengan seledri: cepat, bergizi, segar!

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 4 potongan sedang semangka dan 5-6 lembar daun seledri. Berbeda dengan nanas yang perlu waktu cukup lama biar berasa, kamu justru tidak boleh meninggalkan rendaman semangka ini lama-lama. Simpan racikan potongan semangka dan daun seledri yang sudah dirobek-robek di kulkas selama 2-4 jam saja. Kamu akan kaget dengan kesegaran rasa yang dibubuhi rasa herbal ini.

Gara-gara rasanya yang sangat menyegarkan dan cepat mengeluarkan rasa, buah semangka ini cocok untuk jadi pilihan buat kamu yang gak mau nunggu berjam-jam atau sampai semalaman. Apalagi manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah, cocok banget untuk deh untuk menenangkan hatimu yang suka buru-buru. Hehe.

8. Apel dengan kayu manis: cocok banget buat diminum saat musim hujan

Untuk kurang lebih 1liter air, kamu butuh 1/4 apel merah yang dipotong tipis-tipis dan satu batang kayu manis utuh. Trik untuk membuat infused water ini adalah untuk menggunakan air es dingin dan langsung disimpang di kulkas. Cara ini diperlukan untuk mencegah warna apel berubah jadi coklat. Karena apel juga buah yang susah mengeluarkan rasa, kamu perlu menyimpan rendaman ini selama 4-24 jam di kulkas.

Nah berbeda dengan infused water lain yang lebih segar kalau diminum dingin-dingin, infused water ini jauh lebih sesuai dinikmati pada suhu ruangan. Di suhu ruangan, kamu akan bisa lebih merasakan sensasi manis apel dan kayu manis yang membuatmu merasa hangat dari dalam. Kayu manis juga bermanfaat menurunkan gula darah dan meningkatkan daya konsentrasi. Jadi minuman ini cocok kalau kamu lagi malas minum minuman hangat tapi pingin kehangatan di musim hujan seperti ini.

Nah gimana resep-resepnya? Menarik dan mudah banget kan untuk dicoba? infused water bisa jadi alternatif sehat buat asupan cairanmu. Silahkan dicoba dan tetap semangat berpuasa ya!

sumber: dewi-19
loading...

ADS

Inilah 8 Resep Infused Water Sederhana Agar Kamu Tetap Semangat Selama Berpuasa!! Langsung Coba Aja..
4/ 5
Oleh

loading...