Bukan Hanya Tampilannya yang Indah sebagai Hiasan, Tanaman Kelelawar Ternyata Juga Hasilkan Zat Anti Kanker !!

Bukan Hanya Tampilannya yang Indah sebagai Hiasan, Tanaman Kelelawar Ternyata Juga Hasilkan Zat Anti Kanker !!

loading...
loading...

9Trendingtopic - Kebanyakan orang mungkin masih kurang familiar dengan tanaman hias ini.
Selain sebagai hiasan, tanaman bernama kelelawar hitam ini memiliki manfaat dari segi kesehatan.

Tanaman yang menyerupai kalelawar ini biasa digunakan sebagai salah satu terapi penyembuhan kanker karena bersifat cytotoxic (bersifat racun terhadap suatu sel) terhadap sel kanker.
Tertarik akan potensi tanaman kelelawar hitam menggerakan sekelompok mahasiswa Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (Faperta IPB) yang terdiri atas Rahayu Ning Janati, Rezky Yuanikha Nur Sushanty, Nikko Rizky Ajisyahputra, Rizkiya Hani untuk ikut berpartisipasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P) 2017.

Penelitian yang diusung yakni konservasi in vitro kelelawar hitam sebagai penghasil zat anti kanker.
“Kelompok kami melakukan budidaya kultur in vitro, karena dapat menghasilkan perbanyakan tanaman dari tanaman secara terbatas dan dengan waktu yang cepat,” terang Rahayu Ning Janati selaku Ketua Tim PKMP.
Lanjutnya, penelitian yang dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan, Departemen Agronomi dan Hortikulutura IPB ini membudidayakan tanaman kelelawar hitam yang dipasok dari Kalimantan dengan metode kultur jaringan.

Kultur jaringan sendiri merupakan metode mengisolasi bagian dari suatu tanaman yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik sehingga tumbuhan dapat tumbuh menjadi lengkap kembali.
Pada penelitian ini digunakan benih tua dan muda untuk percobaan 1 dan menggunakan potongan daun kelelawar hitam untuk percobaan dengan bantuan zat pengatur tumbuh auksin dan sitokinin.

Hingga pada akhirnya dilakukan analisis senyawa anti kanker.
“Tanaman kelelawar hitam memiliki banyak sekali manfaat, disamping memiliki senyawa antikanker. Rimpang yang terdapat pada tanaman ini dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Selain itu juga menurut penelitian dari Yokosuka dan Mimaki, ekstrak rimpangnya memiliki metabolit sekunder yang salah satunya berupa saponin spirostanol yang diketahui dapat menjadi racun bagi sel leukimia manusia,” tambahnya.

Kelompok yang memiliki bidang keilmuan sama ini berharap bahwa penelitian yang mereka lakukan selain dapat menghasilkan bibit kelelawar hitam, mereka pula berharap bahwa tanaman hias ini dapat menjadi salah satu alternatif bahan baku obat antikanker.
Untuk diketahui, tanaman kelelawar hitam merupakan salah satu tanaman herba yang langka.
Tanaman tahunan ini tumbuh merumpun, berhabitat di hutan, lembah dan sepanjang sungai yang memiliki ketinggian 200-1300 mdpl dan tersebar luas di Assam hingga Indo-China dan Semenanjung Malaysia.

Pada umumnya tanaman ini dibudidayakan dengan menggunakan benih dan stek batang, akan tetapi hingga saat ini sangat sulit untuk memperoleh benih. Selain dikarenakan langkanya benih juga daya tumbuhnya yang rendah membuat tanaman ini sangat sulit untuk dibudidayakan.

sumber : palembang.tribunnews.com
loading...

ADS

Bukan Hanya Tampilannya yang Indah sebagai Hiasan, Tanaman Kelelawar Ternyata Juga Hasilkan Zat Anti Kanker !!
4/ 5
Oleh

loading...