INILAH Obat Luka Bakar Tradisional yang Efektif dan Mudah didapat


Ketika suatu saat hal tersebut menimpa Anda atau mungkin buah hati Anda, maka tetaplah tenang dan jangan panik, karena sebenarnya solusi untuk mengatasinya mudah ditemukan di sekitar Anda. Tindakan cepat tanggap dengan obat luka bakar tradisional berikut ini akan sangat efektif dan menolong.

Berikut ini adalah 16 obat luka bakar tradisional yang penting untuk Anda ingat dan catat:

1. Air dingin

Hal yang sangat direkomendasikan mengenai pengobatan dan pertolongan pertama terbaik pada luka bakar adalah dengan cara mengalirkan air dingin (antara 2 hingga 15 ° C) selama 10~20 menit. Air dingin tidak hanya mengurangi peradangan dan memberikan sensasi dingin tetapi juga mencegah luka bakar menjadi lebih parah. Semakin cepat Anda membawa luka bakar dalam kontak dengan air dingin maka akan lebih baik.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat menyejukkan dan sangat bagus untuk penyembuhan luka bakar. Yang harus Anda lakukan adalah memotong beberapa daun dari tanaman lidah buaya kemudian gosokkan langsung pada area kulit yang terbakar. Penggunaan lidah buaya tidak hanya akan membantu Anda untuk menghilangkan luka bakar tetapi juga memberikan sensasi dingin yang akan mengurangi rasa sakit serta peradangan.

3. Madu

Madu dapat Anda manfaatkan sebagai obat luka bakar yang efektif. Madu merupakan antibiotik alami, yang secara efektif mensterilkan luka dan membantu menyembuhkan luka bakar. Manfaat utama dari mengoleskan madu tidak hanya membantu untuk mengobati luka bakar tetapi juga menyediakan bantuan instan untuk meringankan rasa sakit karena luka bakar. Selain itu, juga bermanfaat mencegah timbulnya jaringan parut pada kulit setelah luka bakar sembuh.

4. Kentang

Keberadaan kentang untuk mengobati luka bakar mungkin cukup asing bagi sebagian orang, tapi pada faktanya melakukan hal tersebut sangatlah efektif. Kentang mentah bisa membantu dalam penyembuhan kulit akibat luka bakar karena sifat anti-iritasi nya yang dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah kulit melepuh. Potong beberapa iris kentang mentah dan gosok pada luka bakar dengan perlahan. Pastikan bahwa kentang mengeluarkan sarinya pada bagian kulit yang terbakar. Untuk hasil terbaik, gunakan obat luka bakar tradisional ini tepat setelah luka bakar terjadi.

5. Cuka

Sebuah barang rumah tangga yang paling banyak tersedia dan dapat berguna sebagai pertolongan pertama untuk penyembuhan luka bakar adalah cuka. Cuka putih mengandung asam asetat, komponen aspirin yang dapat membantu meringankan rasa sakit, gatal, dan radang pada luka bakar. Cuka adalah zat antiseptik yang baik yang mampu mencegah infeksi dan membantu untuk mengobati luka bakar ringan. Cuka juga mampu menarik panas dari luka bakar, membantu untuk mengurangi nyeri secara alami.

6. Teh Celup

Teh hitam mengandung asam tannic yang dapat menarik panas dari luka bakar untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Cara untuk mengobati luka bakar dengan kantong teh yaitu cukup celupkan kantong teh ke dalam air panas untuk mengeluarkan sarinya kemudian pindahkan ke air dingin dan oleskan kantong teh pada bagian yang terbakar.

7. Putih Telur

Anda mungkin belum pernah menggunakan putih telur sebelumnya, namun sebenarnya putih telur adalah obat yang populer untuk luka bakar. Untuk menggunakan putih telur, pisahkan putih telur dari kuningnya kemudian basahi kulit yang terbakar dengan putih telur. Setelah merendam kulit terbakar dengan putih telur selama beberapa jam, Anda tidak akan lagi merasakan rasa sakit akibat luka bakar.

8. Baking Soda / Soda Kue

Baking soda adalah agen antibakteri dan agen penyembuh yang bekerja dengan baik untuk luka ringan dan luka bakar. Penggunaan baking soda akan mengembalikan keseimbangan pH kulit, menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan sangat cepat. Untuk aplikasi, ambil baking soda secukupnya dan aduk dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta baking soda pada luka bakar dan biarkan hingga mengering. Ini juga merupakan perlindungan yang efektif terhadap kuman, dan mencegah mereka memasuki kulit yang terbakar.

9. Tepung Terigu

Tepung terigu adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif yang dapat membantu Anda untuk menyingkirkan luka bakar. Hal ini terutama karena tepung terigu membantu untuk menyerap kelembaban pada luka bakar. Tepung terigu bila diterapkan pada luka bakar juga membentuk pasta setelah beberapa waktu. Pasta dari tepung terigu membungkus luka dan mencegah masuknya udara sehingga mengurangi peradangan dan nyeri.

10. Minyak Lavender

Seorang ahli kimia Perancis menemukan kekuatan penyembuhan minyak lavender pada awal 1900-an. Ketika ia tidak sengaja membakar tangannya dengan sangat parah dalam sebuah kecelakaan laboratorium dan memasukkannya ke dalam tong minyak esensial lavender, minyak meredakan rasa sakit dan luka bakar pun sembuh dengan cepat.

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sarat dengan vitamin dan asam lemak esensial yang terlibat dalam mempercepat penyembuhan luka bakar. Minyak zaitun memasok nutrisi penting untuk kulit yang terluka dan menghambat organisme berbahaya dari menginfeksi luka.

12. Minyak Kelapa + Jus Lemon

Minyak kelapa dan jus lemon keduanya dapat membantu mengobati luka bakar ringan ketika telah didinginkan. Minyak kelapa kaya akan Vitamin E dan asam lemak seperti asam laurat, asam miristat dan asam kaprilat yang berkhasiat sebagai anti-jamur, antioksidan dan manfaat anti-bakteri. Jus lemon memiliki asam alami yang dapat menghilangkan bekas luka bakar. Campurkan minyak kelapa dengan sedikit air jeruk lemon dan oleskan pada daerah luka bakar untuk memudahkan penyembuhan.

13. Kulit Pisang

Lutein, anti oksidan kuat yang hadir dalam kulit buah pisang akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh pembakaran dan juga membantu menyembuhkan area yang terbakar serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Letakkan kulit pisang di area yang terbakar dan gosokkan dengan lembut, biarkan seperti itu sampai kulit pisang menghitam. Ulangi proses untuk penyembuhan lebih cepat.

14. Bawang

Bawang mengandung sulfur dan quercetin yang membantu untuk mengurangi rasa sakit, menyembuhkan luka bakar dan mencegah kulit melepuh. Tempelkan sepotong bawang pada area yang terbakar untuk membantu menghilangkan kemerahan dan mengatasi nyeri.

15. Susu

Kandungan lemak dan protein dalam susu membantu meredakan luka bakar dan mempercepat penyembuhan. Rendam luka bakar kedalam susu selama 15 menit untuk mempercepat penyembuhan.

16. Yogurt

Yogurt juga bertindak efisien dalam mengobati luka bakar. Oleskan yogurt pada luka bakar dan biarkan selama sekitar 15 menit. Yogurt mendinginkan kulit dan memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit pada luka bakar.

Demikianlah tadi beberapa pengobatan rumah sederhana yang sangat mudah dilakukan untuk mengobati luka bakar tanpa perlu membuat panik, bahan-bahan yang gampang ditemukan di rumah namun efektif sebagai obat luka bakar dan mengurangi peradangan serta rasa sakit yang ditimbulkan.

2 Responses to "INILAH Obat Luka Bakar Tradisional yang Efektif dan Mudah didapat"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete