Inilah yang terjadi sama tubuh kamu kalau setop makan sayur dan buah



Gaya hidup yang makin berkembang bikin buah dan sayur makin dilirik masyarakat. Meski sebenarnya masih banyak pula orang yang lebih menggemari daging-dagingan dari pada sayur dan buah. Padahal penting banget lho!

Sayur dan buah memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kamu pun nggak bisa hanya memakan satu jenis sayur dan buah karena setiap jenis sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, walaupun memang ada beberapa yang sama. 

Nah, tapi apa jadinya kalau kamu sama sekali nggak doyan sayur dan buah? Sebahaya apa sih, efeknya?

1. Kamu jadi kelaparan
Nasi atau sumber karbohidrat lain memang bikin kenyang, tapi kalau kebanyakan bakal bikin kamu mengantuk. Benar?

Nah, menurut penelitian Penn State University, Amerika Serikat, kalau sayur dan buah justru bikin kamu kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan kandungan serat dan air dalam buah dan sayur tersebut. Namun begitu, kamu tetap berenergi sehingga semangat beraktivitas. Lain cerita kalau kamu nggak makan buah dan sayur, kamu akan lebih mudah lapar dan lemas. Pernah mengalami kan?

2. Kulit menjadi kusam
Sebuah studi dari University of St Andrews, Skotlandia, menemukan bahwa siswa yang melewatkan konsumsi buah dan sayur, memiliki kulit yang kurang sehat dan tak menarik. Namun saat mereka meningkatkan asupan sayur dan buah sebanyak tiga porsi per hari, kulit mereka tampak sehat dan berseri. Para peneliti mengatakan bahwa pudarnya warna kulit kemungkinan disebabkan kurangnya karotenoid, pigmen alami yang memberi tanaman makanan memiliki lebih banyak warna cerah.

3. Tekanan darah melonjak naik
Sebuah studi dari Imperial College London, Inggris, menunjukkan bahwa orang yang jarang bahkan nggak mengonsumsi buah dan sayur, memiliki tekanan darah yang tinggi. Penelitian ini melibatkan 5.000 orang dewasa dari Asia, Amerika Serikat, dan Inggris ini. Maka dari itu ada yang mulai mengonsumsi salad lebih banyak daripada brokoli kukus, mengingat peneliti menemukan keterkaitan bahwa sayur mentah dengan tekanan darah lebih menguntungkan daripada sayur olahan.

4. Bikin kamu mudah 'meledak'
Meledak dalam poin ini adalah soal emosi. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal, wanita yang jarang makan buah dan sayur lebih mudah merasa depresi dan rentan secara emosional. Sekalipun para peneliti nggak terlalu yakin apakah itu artinya jika hendak mengatasi depresi atau memperbaiki psikologis seseorang harus makan sayur dan buah, tapi tetap saja makan sayur dan buah akan bermanfaat bagi orang tersebut.

5. Risiko kesehatan hidup semakin meningkat
Menurut sebuah studi dari Korea pada tahun 2015, orang dewasa yang makan beberapa buah dan sayur lebih mungkin memiliki kerusakan kognitif ringan dibandingkan mereka yang makan buah dan sayur lebih banyak. Studi ini telah dipublikasikan di Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology. Peneliti mengatakan bahwa kemungkinan ada perlindungan yang berasal dari polifenol, yaitu senyawa dalam tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan.

6. Harapan hidup merosot
Terdengar sadis memang, tapi kebenaran adalah bahwa orang yang makan sedikit buah dan sayur akan mati karena berbagai sebab, terutama penyakit jantung. Menurut sebuah review baru-baru ini yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, kalau kamu menghindari buah dan sayur, maka kemungkinan kematian lebih cepat. Perlu kamu tahu, setiap tambahan porsi makan buah dan sayur, akan menurunkan risiko kematian sebanyak 5%.

Hmmm, jadi apa kamu masih ogah makan sayur dan buah? Kesehatanmu lho!

1 Response to "Inilah yang terjadi sama tubuh kamu kalau setop makan sayur dan buah"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete