Sembilan Ciri Wanita Idaman Surga

Mungkin kita tidak asing dengan kata sholeh atau sholekhah, sebuah label  yang memiliki arti sangat luas. Istilah ini sering disebut di dalam do’a terutama dikalangan umat islam. Sholeh diperuntukkan untuk laki-laki dan sholehah di peruntukkan untuk perempuan. Menjadi wanita sholehah merupakan keinginan semua orang, sebab Alloh telah menjanjikan surgaNya untuk wanita sholehah.

Wanita sholehah adalah perhiasan terindah bagi orang tuanya, suaminya, anak-anaknya, bagi semua keluarga dan kerabatnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Dimana pun dan kapanpun berada, ia selalu menjadi lentera yang bersinar, suri tauladan, menebar benih persaudaraan, menghilangkan kemaksiatan ban senantiasa menebar kemaslahatan untuk semua.

 
Menjadi pribadi muslimah merupakan idaman semua wanita, namun pada kenyataanya menjadi pribadi sholehah bukanlah hal yang mudah. Diperlukan usaha dan perjuangan yang sungguh-sungguh untuk mencapainya sebab begitu besar kemuliaanya seperti digambarkan bahwa sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah dan kelak di akhirat dijadikan sebagai bidadari-bidadari surga.

 Berikut ini akan kami ulas beberapa kriteria wanita idaman surga.

1.      Wanita yang Taat Beragama
Kriteria termasuk seseorang hamba yang senantiasa menjalankan perintah agam dan menjauhi laranganya. Diantaranya dapat menjalankan perintah Alloh dengan penuh keikhlasan, memlihara sholat fardhu, berpuasa di bulan ramadhan, menunaikan zakat, mebiasakan baca al qur’an, menunaikan ibadah haji dan senantiasa melaksanakan kebaikan sesuai anjuran agama.

2.      Wanita yang Berakhlak Mulia
Kategori wanita yang di idamkan surga adalah wanita yang memiliki akhlak mulia atau terpuji. Jadi wanita berakhlak mulia adalah wanita yang memiliki pribadi yang dapat dipercaya, jujur, sabar, pemaaf, dan gemar memberi nasihat kebaikan serta beberapa hal yang berkaitan dengan budi pekerti dan prilaku.

3.      Wanita yang Taat Kepada Suami
Taat kepada suami merupakan salah satu kriteria wanita yang dijadikan idaman surga. Beberapa poin tentang taat kepada suami ini adalah berkhidmat kepada suami, memlihara kehormatan diri dan harta suami, berusaha meraih ridho dan kasih saying suami, melayani kebutuhan biologis suami serta berusaha memberikan yang terbaik untuk suaminya.

4.      Wanita yang Berbakti Kepada Orang Tua
Berbakti kepada orang tua juga dapat menjadi perantara seseorang untuk surganNya Alloh. Berbakti termasuk salah satu amalan yang disyari’atkan setelah berbakti kepada Alloh, sebab didalamnya terdapat keutamaan-keutamaan yang besar. Salah satunya telah disampaikan Rasululloh SAW bahwa ridho alloh tergantung pada ridho orangtua.

5.      Wanita yang Cantik Jiwa Raga
Kecantikan merupakan anugrah yang wajib kita syukuri. Oleh karena itu, bagi wanita muslimah itu tidak hanya cantik secara fisik saja tapi cantik jiwa dan raganya. Cantik jiwa raga berarti wanita yang pandai berhias untuk suaminya, menjaga kesehatan, rajin berolahraga serta pandai memanfaatkan dan mengatur waktu.

6.      Wanita yang Bertanggung Jawab Terhadap Anaknya
Anak merupakan amanah atau titipan Alloh. Oleh sebabnya amanh ini perlu kita jaga dan kita didik sesuai ajaran agama. Disini peran seorang ibu sangat besar, sehingga ini menjadi kriteria wanita yang menjadi idaman surga. Peranan diantaranya adalah adil dalam kasih sayang dan peka terhadap perkembangan anak.

7.      Wanita yang Berakhlak Mulia Kepada  Tetangga
Berakhlak mulia merupakan tolak ukuu untuk kesempurnaan iman. Di masyarakat, kita juga mengenal kebaragaman dalam proses interaksi dan kegiatan sosial. Dengan keragaman itu wanita muslimah di anjurkan untuk berprilaku baik kepada siapapun termasuk tetangga yang memiliki latar agama yang beda.

8.      Wanita yang Menjaga Silaturahmi Dengan Kerabat
Kerabat merupakan sanak famili yang masih memiliki hubungan kekeluargaan baik dari nasab atau keturunan. Islam telah memberikan penghormatan yang sangat besar terg=hadap kerabat sehingga para wanita yang menhendaki surganya Alloh hendaklah mempererat tali silaturohmi terhadap keluarga dan kerabatnya.

9.      Wanita yang Pintar dan Cerdas.
Maksudnya selain beberapa kriteria diatas, mencari dan menuntut ilmu juga menjadi bagian yang diidamkan surga. Giat menuntut ilmu, bertukar pendapat dan memiliki wawasan yang luas merupakan indikasi bahwa wanita tersebut pintar dan cerdas.

3 Responses to "Sembilan Ciri Wanita Idaman Surga"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Bagus infonya :)
    Memilih pasangan hidup sangatlah harus selektif, dan jangan salah pilih agar tidak menyesal di kemudian hari.
    Ijin berbagi ini dia Ciri-ciri Wanita Idaman para Pria

    ReplyDelete