Berapa Banyak Air Harus Diminum untuk Turunkan Berat Badan?

Minum air putih. Foto

Air menyumbang sekitar dua pertiga dari berat badan Anda. Hampir semua sistem utama dalam tubuh tergantung pada air, yang membuat komponen kimia paling penting untuk fungsi tubuh yang tepat. Air juga akan membantu proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh, mengangkut nutrisi ke sel-sel, sehingga menjaga kesehatan, dan menyediakan lingkungan yang lembab untuk jaringan lunak.

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernapasan, keringat, urine dan usus. Jika air tubuh tidak kembali diisi ulang, bisa menyebabkan dehidrasi, suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat melakukan fungsi normal karena tidak cukup air.

Bahkan dehidrasi ringan bisa membuat Anda kehilangan energi dan merasa lelah.

Bagaimana Anda Tahu Anda Mendapatkan Cukup Air?

Warna urin dan bau biasanya dapat 'mengatakan,' apakah Anda mengalami dehidrasi atau tidak. Jika urin Anda terang dan memiliki berbau sedikit, Anda terhidrasi dengan baik. Jika sebaliknya, urin lebih gelap dan lebih aromatik, maka Anda mungkin mengalami dehidrasi.

Air dan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian terbaru, minum 2 gelas air sebelum makan dapat meningkatkan proses penurunan berat badan. Juga, minum dalam jumlah yang tepat air setiap hari dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu untuk mengontrol makan berlebihan.

Namun, kebanyakan orang tidak menyadari pentingnya minum cukup air setiap hari, yang dapat mempengaruhi upaya penurunan berat badan.

Berapa Banyak Air yang Cukup untuk Tubuh?

Ada beberapa faktor yang menentukan jumlah yang tepat dari air yang Anda butuhkan setiap hari, dan ini termasuk jenis kelamin Anda, tingkat aktivitas dan kesehatan secara keseluruhan. Secara umum, wanita membutuhkan sekitar sembilan cangkir cairan setiap hari, sedangkan laki-laki membutuhkan 13 cangkir. Sementara semua minuman bisa menjadi sumber cairan tubuh, namun air putih adalah pilihan terbaik.

Ingin Bersihkan Ginjal? Bikin Minuman Sederhana Ini

Terakhir, berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Menurut Dr Melina Jampolis, spesialis gizi dokter berbasis di San Francisco, minum dua gelas air setengah jam sebelum makan, tidak hanya membantu menurunkan kalori, tetapi juga meningkatkan pencernaan Anda.

Tabel di bawah ini akan membantu Anda mengetahui, berapa banyak air yang Anda butuhkan untuk diminum setiap harinya yang akan untuk mendukung fungsi tubuh yang tepat, dan meningkatkan proses penurunan berat badan sesuai dengan berat badan Anda.

Untuk itu, Anda bisa melakukan cara-cara ini:

1. Membawa botol minuman saat berolahraga
2. Selalu tempatkan segelas air di meja kerja Anda
3. Selalu sediakan air di samping tempat tidur, dan konsumsi selepas Anda bangun
4. Gantikan soda atau kopi dengan segelas air putih
5. Minum air putih sebanyak 6 gelas pada satu waktu

3 Responses to "Berapa Banyak Air Harus Diminum untuk Turunkan Berat Badan?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete