KENALI 7 GEJALA KANKER USUS BESAR

Salah satu gejala yang sangt berbahaya dan perlu penanganan yang serius. Gejala kanker usus besar biasanya menggunakan system stadium TNM (Tumor, Nodus, dan Metastasis) yang dibedakan dengan 4 kategori stadium dalam penyebaran ke organ lain(metastasis).
Adapun letak kanker berdasarkan stadium memang harus diketahui agar mendapat penanganan yang cepat, serta gejala kanker usus besar yang harus diketahui karena memang sering terabaikan. Lalu letaknya dimana berdasarkan stadium tersebut?
Gejala Kanker Usus Besar
Stadium pertama pada kanker usus besar terletak pada lapisan usus besar, sedangkan stadium dua sudah menembus dinding lapisan usus besar atau jaringan sekitarnya. Pada stadium lanjut ketiga dan keempat, tumor telah menyebar ke nodus limfa hinga organ-organ lain.
Demi langkah pencegahan lebih lanjut supaya tidak terjadi hal yang diingnkan, pemeriksaan secara rutin harus dilakukan bagi penderita kanker usus besar. Lalu apa gejala kanker usus besar tersebut?
Bersumber dari liputan6.com berikut Gejala Kanker Usus Besar
1. Perubahan pola buang air besar (diare atau sembelit) tanpa sebab yang jelas dan berlangsung selama beberapa hari
2. Perut masih terasa penuh meski sudah buang air besar
3. Pendarahan pada usus besar
4. Ditemukan darah pada tinja saat buang air besar sehingga tinja bisa terlihat sangat gelap
5. Rasa nyeri pada perut
6. Rasa lemah atau kelelahan tanpa sebab yang jelas
7. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
Itulah beberapa gejala kanker usus besar, Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segera datang ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapat rujukan serta penanganan. Mohon senarkan agar semua orang bisa mewaspadai gejalanya terima kasih.

2 Responses to "KENALI 7 GEJALA KANKER USUS BESAR"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete