Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Muka



Sahabat, membersihkan muka mungkin menjadi perawatan kecantikan yang paling mudah dan ringan untuk dilakukan. Bener nggak, Sob? Kalau udah capek banget sehabis pulang dari kampus atau kantor, kadang niat nggak niat gitu saat membersihkan muka, yang penting berasa basah dan bersih aja.
Berikut ini kami mengulas beberapa hal yang perlu diperhatikan agar langkah membersihkan muka mu nggak menimbulkan masalah lain dan muka tetap bisa bersih.
1. Secukupnya dalam membersihkan muka
Berlebihan dalam membersihkan muka bisa bikin muka iritasi dan kehilangan kelembapan. Standar aja saat membersihkan muka. Setelah beraktivitas seharian untuk mencegah kotoran menumpuk, atau pagi dan malam hari bagi yang punya muka berminyak, atau membersihkan muka pada malam hari saja untuk yang punya kulit muka kering.
2. Pakai pembersih muka yang sesuai jenis kulit
Bagi kamu yang jenis kulitnya kering, baiknya pakai pembersih yang mengandung pelembap (moisturizer) atau gliserin atau butter. Bagi yang jenis kulitnya berminyak, lebih enak dan berasa bersih pakai pembersih yang memberikan efek berbusa (foaming). Tetapi, apapun jenis kulit mukamu, sebaiknya hindari produk yang mengandung fragrance, seperti paraben dan sabun yang terlalu keras. Karena paraben punya efek beracun dan sabun yang terlalu keras bisa bikin kulit kelewat kering. Baiknya juga, pilih produk perawatan kecantikan yang halal.
3. Menggunakan air panas?
Menggunakan air panas untuk membersihkan muka bisa mengganggu kandungan minyak alami yang ada di kulit dan malah bikin kulit kering atau terlalu banyak produksi sebumnya. Lebih baik mencuci muka dengan air suam-suam kuku yang suhunya kira-kira sama dengan suhu tubuh kita.
4. Bilas wajah dengan benar
Tidak membilas wajah dengan bersih dan tuntas bisa bikin pori-pori tersumbat dan membuat kulit muka kering. So, bilaslah wajah dengan benar, meskipun kamu buru-buru di pagi hari atau terlalu lelah di malam hari. Terutama di bagian rahang, di dekat garis rambut, dan di daerah hidung.
5. Hindari menggosok wajah dengan handuk
Menggosok wajah dengan handuk emang bikin muka terasa lebih bersih setelah dicuci. Tetapi, gerakan menarik-narik muka dengan handuk bisa mengacaukan elastisitas kulit. Sebaiknya, tepuk-tepuk pelan saja bila ingin mengeringkan muka dengan handuk. Juga jangan sembarangan menggunakan handuk untuk mengeringkan muka, karena bakteri yang menempel di handuk bisa saja berpindah ke muka. Semoga bermanfaat. (annidaonline)

4 Responses to "Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Muka"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete