WASPADALAH!! Air Mineral Kemasan Palsu Beredar di Masyarakat, Bisa-Bisa Efeknya Akan seperti Ini! Ini cara Mengetahui Perbedaannya!

WASPADALAH!! Air Mineral Kemasan Palsu Beredar di Masyarakat, Bisa-Bisa Efeknya Akan seperti Ini! Ini cara Mengetahui Perbedaannya!

loading...
loading...

9Trendingtopic - Masyarakat mesti waspada. Sekarang ini beredar air mineral paket dalam botol banyak yang palsu. Botolnya asli, namun isinya air isi ulang. Sangat bahaya buat kesehatan. Air kemasan dalam botol ini beredar luas di Jakarta. Para pedagang nakal ini memanfaatkan botol sisa di jalanan. Caranya botol dicuci bersih lalu di isi air mentah.

Salah satu korban air mineral mentah adalah SA (13). Korban mesti menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita diare akut. Penyebabnya yaitu air mineral kemasan palsu yang dia minum. Air mineral itu dibeli di terminal Kampung Rambutan dua hari sebelum akhirnya SA masuk rumah sakit. Orang-tua SA menduga kalau air minum paket botol yang diminum SA tak higienis serta kemungkinan air mineral itu palsu.

Kata dokter dia diare gara-gara air minum yang kotor. Kemarin saat di Kampung Rambutan saya belikan dia Aq*** botol selalu diare serta muntah-muntah, kata orangtua SA, Jumat (6/3) lalu.

Pengurus Harian YLKI (Yayasan Instansi Customer Indonesia) Eliyani menyarankan supaya masyarakat lebih siaga dalam beli air minum paket. Hasil riset YLKI menunjukkan banyak beredar air minum kemasan tak penuhi standard air minum. Sampel dari sebagian air minum paket yang diuji laboratorium menunjukkan ada kandungan zat-zat berbahaya.
 
 
Agak sulit memang mengidentifikasi air minum paket yang memenuhi standar. Sebaiknya masyarakat beli di tempat yang aman. Di tempat terbuka air minum begitu mudah terkontaminasi. Ada juga yang palsu. Itu begitu di kuatirkan lantaran berbahaya untuk konsumen, kata Eliyani.

Air-air mineral kemasan palsu beredar di tempat-tempat ramai serta terbuka. Biasanya mereka jual lewat pedagang asongan serta ada juga yang dititipkan di warung-warung. Para pedagang nakal ini menggunakan botol-botol kemasan sisa lalu di isi air dari sumbernya tak jelas.

Seorang penampung botol-botol bekas di Tanah Abang juga mengakui sering ada orang yang beli botol-botol plastik sisa untuk dijadikan paket baru. “Kita jual botol sisa buat daur lagi. Tapi ada juga yang kadang beli buat di isi air lagi selalu di jual. Nggak banyak paling beli 5 karung sekitaran 20 kiloan. Satu kilo kita jual Rp 5 ribu, ” kata penampung botol sisa yang tak mau dijelaskan namanya.

Botol-botol sisa itu dibersihkan serta bisa serius terlihat seperti baru. Untuk sumber air mereka memakai air-air dari sumur, sungai, bahkan ada memakai air got. Air-air itu lalu dimasukkan ke dalam botol plastik sisa yang mereka beli tanpa lewat proses strerilisasi. Para penjual curang ini menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya agar air dapat terlihat jernih serta bersih. Info dari penampung botol sisa di bilangan Ciputat menyebutkan bila air mineral palsu bisa terlihat bening dengan mencampurkan borak serta tawas.
“Air sumur saja udah bahaya bila tidak dimasak. Apalagi gunakan air kali serta air comberan. Itu air dapat kelihatan bersih bila dicampur borak sama tawas. Kronis dah, ” kata penampung botol sisa yang mengaku cuma jual botol-botolnya untuk keperluan daur lagi.

Bahayanya air mineral palsu bukan hanya dari air di dalamnya. Tapi juga dari botol plastik sisa yang digunakan. Botol plastik air mineral cuma baik digunakan untuk sekali pakai. Terlebih botol plastik yang memakai bahan type PET atau PETE. Bahan type ini bila digunakan berulang kali bakal akibatkan susunan polimer pada botol meleleh.

Jika meleleh, polimer bakal keluarkan zat karsigonik yang dalam periode panjang bisa menyebabkan kanker. Antimoni trioksida yang ada didalam polimer bakal masuk melalu saluran pernafasan dan dapat akibatkan iritasi kulit dan masalah pernapasan. Untuk wanita bakal mengakibatkan masalah menstruasi dan gangguan rahim serta buah hati yang dilahirkan.

Lebih dari satu modus yang dilakukan para penjual air mineral palsu, diantaranya :
  • Menggunakan air botol plastik bekas
  • Air mineral di ambil dari sumber yg tidak jelas, contohnya sumur, sungai, dll.
  • Dapat mendapatkan segel serta tutup botol baru
  • Di jual di warung, pedagang asongan, serta tempat-tempat terbuka
  • Serta ada banyak lagi.

Yang terpenting, bagaimana cara membedakan mana yang asli serta mana yang palsu?
  • Hindari air mineral yang berwarna keruh, kocok terlebih dahulu air mineral yang bakal diminum. Kalau setelah dikocok jadi keruh, jadi sebaiknya airnya tidak usah diminum.
  • Bau air mineral asli serta palsu juga tidak sama, air mineral asli akan tidak berbau, tapi air mineral palsu bakal menimbulkan bau yg tidak biasa. Namun ribet juga ya bila tengah pilek.
  • Kalau hidung anda tengah terganggu dapat coba langkah lain yaitu coba rasa-rasanya, air mineral palsu bakal berasa lebih kesat.
  • Perhatikan kemasannya, namun ini agak sulit juga karena penjual dapat menyulap paket jadi tampak baru.

Tips diatas memang kurang menjamin sih, lantaran terkadang tak semua indikasi itu kita dapatkan. Lalu, bagaimana dong?


Bila memang Anda ingin beli air minum paket, belilah di tempat-tempat resmi seperti supermarket atau minimarket. Bila anda miliki tingkat ketelitian yang begitu tinggi, bisa juga coba tips berikut :
Amati baik baik botol paket yang ada, perusahaan minuman air paket mereka isi botolnya dengan mesin automatic hingga ketinggian air bakal sama seluruhnya, namun air mineral palsu berisi manual jadi ketinggian air tidak akan dapat sama, yang utama terlihat penuh saja.

Bila anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan sebarkan ke semua rekanmu agar mereka terlepas dari bahaya air mineral palsu ini.



Sumber : klikdanbagikan
loading...

ADS

WASPADALAH!! Air Mineral Kemasan Palsu Beredar di Masyarakat, Bisa-Bisa Efeknya Akan seperti Ini! Ini cara Mengetahui Perbedaannya!
4/ 5
Oleh

loading...