Cara Mengembalikan Kontak Smartphone yang Hilang




9TrendingTopicKehilangan kontak pada ponsel Anda, pasti sangat menjengkelkan. Apa lagi, Anda tidak memiliki salinan kontak dalam buku telepon atau tempat biasa menyimpan nomor lainnya.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengembalikan kontak Anda yang sangat berharga tersebut. Penasaran dengan caranya?

Simak tips mengembalikan kontak yang tersembunyi atau hilang dari laman Androidpit yang berikut ini.
  • Pastikan Semua Kontak Terlihat di Ponsel
  • Tidak menutup kemungkinan bahwa kontak di ponsel Anda tidak sengaja tersembunyi atau ada pengaturan yang tidak sengaja diubah oleh orang lain. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan semua kontak terlihat di ponsel Anda.
  • Caranya adalah pergi ke penyimpanan kontak, lalu ketuk menu, lalu masuk ke pengaturan. Setelah itu pilih kontak, lalu pilih kontak untuk ditampilkan.
  • Setelah masuk, akan muncul banyak pilihan. Silahkan Anda pilih semua kontak dan semua kontak akan terlihat pada layar ponsel Anda saat kembali ke menu kontak.
Jika Anda masih tidak dapat menemukan kontak yang dicari, maka jangan putus asa terlebih dahulu. Masih ada satu cara lagi untuk menemukan kontak Anda yang hilang, yakni melalui akun Google Anda. 

Jika Anda mengkoneksikan akun Gmail dengan ponsel Android Anda, maka kesempatan untuk memulihkan kontak yang hilang semakin besar. Pasalnya, akun Gmail Anda memiliki fitur untuk mengembalikan kontak yang tidak sengaja terhapus dalam jangka waktu hingga 30 hari.

Caranya mudah, pertama-tama silahkan mengakses akun Gmail Anda dari komputer atau laptop. Setelah masuk, Anda akan melihat menu di sebelah kiri, kamudian pilih kontak.

Setelah masuk kedalam konta, Anda tinggal mencari pulihkan kontak dan klik pilihan tersbut. Nantinya akan muncul sebuah boks yang menanyakan jangka waktu pemulihan kontak yang ada.

Setelah dipilih, maka Google secara otomatis akan mencari kontak Anda yang terhapus. Setelah seleai, Anda bisa kembali ke ponsel Anda dan melakukan sinkronisasi ulang untuk menampilkannya di ponsel Anda. (dwq)

Untuk menghindari hal-hal yang seperti ini, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan, seperti mengamankan kontak Anda di beberapa tempat. Yang paling mudah adalah dengan menyimpan kontak Anda di akun Google pribadi Anda.

Namun selain itu, lakukan backup data penting Anda minimal satu bulan sekali untuk menghindari kehilangan data tersbut. Caranya adalah masuk ke menu pengaturan, Backup and Reset. Setelah masuk, Anda tinggal memilih Backup account untuk mengamankan data penting Anda.




sumber : money.id

0 Response to "Cara Mengembalikan Kontak Smartphone yang Hilang"

Post a Comment