Para Muslimah !! Kenakanlah Hijabmu Karena Itu Wajib, Bagi yang Belum Maka Resikonya Kamu Bisa Terkena KANKER!! Berikut Faktanya!

Para Muslimah !! Kenakanlah Hijabmu Karena Itu Wajib, Bagi yang Belum Maka Resikonya Kamu Bisa Terkena KANKER!! Berikut Faktanya!

loading...
loading...


9Trendingtopic - Buat para muslimah dimanapun kalian berada, berikut kami sampaikan sedikit ilmu tentang faedah atau hikmah dibalik wajibnya berhijab untuk perempuan muslim. bagi kalian muslimah yang masih ragu mengenakan hijab, mari kita sama- sama baca penjelasan ini. Semoga bisa menambah wawasan bagi kita mengenai fungsi hijab selain menutup aurat.

Ada yang tahu apa itu Kanker Kulit ???

Kanker kulit merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Penyakit ini disebabkan karena sinar ultraviolet secara langsung. Semua jenis kanker kulit diakibatkan karena terkena sinar matahari, terutama saat matahari terik-teriknya, yakni dari jam 10 pagi sampai 2 sore. Sinar UV bisa merusak DNA dalam sel-sel kulit dan mengubahnya menjadi tumor kanker. Adapun daerah yang paling potensial terkena kanker kulit ialah wajah, telapak tangan, lengan dan betis.

Kanker kulit terkadang juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Jika ayah atau ibu anda pernah terkena penyakit ini, maka anda sangat berpotensi besar untuk terkena penyakit ini pula. Penyebab lain seseorang dapat terserang penyakit kanker kulit adalah kekurangan melanin. Melanin adalah pigmen yang berfungsi memberi warna pada mata, rambut dan kulit, serta melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Kurangnya melanin akan menyebabkan kulit menjadi putih dan tampak pucat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Jika kanker mencapai sistem limfatik, maka kanker bisa menyebar ke seluruh tubuh termasuk tulang, darah, dan organ tubuh lainnya.

Radiasi sinar ultraviolet bersifat radikal bebas, yaitu ultraviolet akan berusaha mengambil elektron dari pigmen kulit. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil karena kehilangan elektron sehingga akan berusaha mengambil elektron dari molekul lainnya.

Sinar ultraviolet terbagi menjadi 3, yaitu sinar ultraviolet A, B dan C.

Sinar ultraviolet A memiliki panjang gelombang 400-315 nano meter. Sinar ultraviolet ini paling panjang dan  berbahaya bagi manusia karena terserap sedikit di atmosfer dan tidak terserap di lapisan ozon.
Sinar ultraviolet B memiliki panjang gelombang 315-280 nano meter, juga berbahaya bagi manusia karena kurang dari 90% di serap atmosfer dan menembus kulit.
Sinar ultraviolet C terserap di atmosfer dan tidak berbahaya bagi manusia.

Sinar ultraviolet tersebut dapat menyebabkan kulit lebih gelap, terbakar dan penuaan dini, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit yang berujung kematian.

Menurut para ahli kulit ada beberapa penyebab seseorang terkena kanker kulit akibat sinar ultraviolet matahari, yaitu lebih dari 90% kanker kulit terjadi pada kulit yang terkena langsung sinar matahari. Orang yang bekerja di bawah sinar matahari secara terus-menerus juga berpotensi terkena kanker kulit seperti nelayan dan petani. Jumlah pigmen pun mempengaruhi potensi kanker kulit seseorang. Orang yang berkulit putih memiliki jumlah pigmen lebih sedikit ketimbang orang yang berkulit gelap atau sawo matang. Orang Indonesia sebagian besar memiliki kulit sawo matang dan gelap. Seharusnya kita bersyukur karena Allah telah memberikan jumlah pigmen yang lebih banyak sebagai proteksi dari kanker kulit.
Meskipun kita diberikan jumlah pigmen yang lebih banyak, kita tidak bisa mengandalkan proteksi dari pigmen untuk mencegah kanker kulit. Apalagi beberapa tahun terakhir terjadi pemanasan global. Salah satu upaya mencegah kanker kulit adalah dengan menghindari kontak langsung dengan sinar matahari.

Allah memerintahkan wanita muslim mengenakan jilbab ternyata bukan hanya sebagai identitas diri, tetapi karena Allah juga sayang kepada kaum hawa. Allah ingin melindungi kaum hawa dengan perintahnya.

Hai Nabi,katakanlah pada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.”Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal,karena itu mereka tidak di ganggu.Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.33  al-Azhab:59)

Dengan jilbab wanita terlindung dari fitnah dan penyakit khususnya kanker kulit. Para ahli kulit menyebutkan bahwa wanita lebih berpotensi terkena kanker kulit dibandingkan pria. Karena kulit wanita lebih tipis dibanding laki-laki, serta mempunyai jumlah pigmen yang lebih rentan terkena kanker kulit.

Disamping melindungi dari kanker kulit ada beberapa manfaat lain mengenakan jilbab bagi kesehatan, seperti:

- Menjaga Kesehatan Rambut
Dengan berjilbab dapat melindungi rambut dari debu, sinar UV dan polusi, sehingga rambut lebih terjaga kesehatan dan kebersihannya. Interaksi rambut secara langsung dengan dunia luar bisa membuat warna kemilau rambut jadi kusam.

- Lebih Higienis dan Tahan Terhadap Penyakit
Kebiasaan mengenakan jilbab dapat membuat kebiasaan hidup bersih sehingga terhindar dari penyakit. Beberapa pekerjaan bahkan ada yang mewajibkan menggunakan penutup kepala. Misalnya perawat, pekerja di restoran atau rumah makan, klinik dan lain-lain. Penutup kepala dapat mencegah dari kontaminasi virus.

Nah itu dia, bagi para sahabat muslimah , untuk melindungi tubuh kita dari sinar ultraviolet, terutama ketika diluar ruangan adalah dengan menutup tubuh kita dengan hijab. Selain berhijab adalah perintah dari Allah yang mendatangkan pahala ketika kita mengerjakannya, ternyata ada hikmah yang luar biasa dibalik disyari'atkan hijab bagi muslimah ini.

semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca......

sumber: ikhtisarislami.com
loading...

ADS

Para Muslimah !! Kenakanlah Hijabmu Karena Itu Wajib, Bagi yang Belum Maka Resikonya Kamu Bisa Terkena KANKER!! Berikut Faktanya!
4/ 5
Oleh