Resep Mendidik Anak, BAGIKAN KE SELURUH ORANG TUA!!

Resep Mendidik Anak, BAGIKAN KE SELURUH ORANG TUA!!

loading...
loading...

Anak adalah titipan Allah SWT kepada orang tua. Tugas orang tua adalah menjaga serta merawat dan mendidiknya untuk selalu berada di jalan yang di ridhai Allah. Namun terkadang, banyak dari orang tua yang sudah dititipkan anak oleh Allah, lalai dalam menjalankan amanah untuk menjaga titipan-Nya tersebut.

Banyak di masyarakat kita terjadi kekerasan terhadap anak-anak. Ada juga anak-anak yang dididik tidak secara baik, sehingga menyebabkan perkembangan mental dan fisik si anak terganggu. Anak-anak ibarat secarik kertas putih yang kosong. Tergantung kedua orangtuanya mau "menulis" apa di kertas kosong tersebut. 

Berikut ada beberapa Resep Mendidik Anak yang Insha Allah dapat menjadikan anak-anak Anda menjadi anak-anak yang baik, sholeh/sholehah, sesuai yang banyak diharapkan oleh orang tua manapun...

1— Jika melihat anakmu menangis, jangan buang waktu untuk mendiamkannya.  
Coba tunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihatnya, ia akan terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis, adalah menunduk.

2— Jika ingin anak-anakmu berhenti bermain
Jangan berkata: "Ayo, sudah mainnya, stop sekarang!". Tapi katakan kepada mereka: "Mainnya 5 menit lagi yaaa". Kemudian ingatkan kembali: "Dua menit lagi yaaa". Kemudian barulah katakan: "Ayo, waktu main sudah habis". Mereka akan berhenti bermain.

3— Jika engkau berada di hadapan sekumpulan anak-anak dalam sebuah tempat, yang mereka berisik dan gaduh, dan engkau ingin memperingatkan mereka
Maka katakanlah: "Ayoo.. Siapa yang mau mendengar cerita saya, angkat tangannya..". Salah seorang akan mengangkat tangan, kemudian disusul dengan anak-anak yang lain, dan semuanya akan diam.

4— Katakan kepada anak-anak menjelang tidur: "Ayo tidur sayang.. besok pagi kan kita sholat subuh", maka perhatian mereka akan selalu ke akhirat. 
Jangan berkata: "Ayo tidur, besok kan sekolah", akhirnya mereka tidak sholat subuh karena perhatiannya adalah dunia.

5— Nikmati masa kecil anak-anakmu, karena waktu akan berlalu sangat cepat. Kepolosan dan kekanak-kanakan mereka tidak akan lama, ia akan menjadi kenangan. 
Bermainlah bersama mereka, tertawalah bersama mereka, becandalah bersama mereka. Jadilah anak kecil saat bersama mereka, ajarkan mereka dengan cara yang menyenangkan sambil bermain.

6— Tinggalkan HP sesaat kalau bisa, dan matikan juga TV. 
Jika ada teman yang menelpon, katakan: "Maaf saaay, saat ini aku sedang sibuk mendampingi anak-anak".

Semua ini tidak menyebabkan jatuhnya wibawamu, atau hilangnya kepribadianmu. Orang yang bijaksana tahu bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan menguasai pendidikan anak.

____________
::

صيدلية التربية

إذا رأيت ابنك يبكي فلا تضع وقتك بإسكاته. أشر إلى حمامة أو غيمة بالسماء لينظر إليها وسيسكت، لأن فسيولوجية الانسان بالبكاء هي بالنظر للأسفل.

إذا أردت الأبناء أن ينهوا اللعب فلا تقل لهم انتهوا الان، بل قل بقي خمس دقائق، ثم عد إليهم وقل بقيت دقيقتين ثم قل الان وسينهون.

إن كنت أمام مجموعة من الأطفال في مكان فيه ضوضاء عالية وأردت لفت انتباههم قل:"الذي يسمعني يرفع يده" الأول سيرفع ثم الثاني وتنتقل كالعدوى وسيصمت الجميع.

قل لأبنائك: ناموا حتى نصحى لصلاة الفجر وسيكون همهم دائماً للآخرة ولا تقل ناموا غداً مدرسة حتى لا يصبحوا و همهم الدنيا.

تمتع بأبنائك وهم صغار فسوف تمر الأيام بسرعة ولن يبقى لك من براءتهم وطفولتهم إلا مجرد ذكريات لاعبهم اضحك معهم مازحهم اخرج معهم ؛ كن كالطفل بينهم واجعل التعليم والأدب مع اللهو واللعب.

اترك الجوال قليلا لو سمحت ، واغلق التلفاز أيضا لو تكرمت ، واعتذر من الأصدقاء لو تفضلت. إني مشغول بأطفالي أيها الأحبة.

وكل هذا لا يعني سقوط الهيبة وضياع الشخصية, فالعاقل يعرف كيـف يوازن الأمور ويتقن التربية.

وعليك بالدعاء وطلب التوفيق من الله فهم سندك برحمة الله في الدنيا وقرة عينك بالآخرة

7— Anak anda suka berbohong?
Solusi: Berikan ia rasa aman, karena anak kecil tidak akan berbohong kecuali jika ia merasa takut, atau berada di bawah tekanan. Berikan ia rasa aman, kemudian tanamkan padanya nilai-nilai kejujuran.

8— Anak anda keras kepala?
Solusi: Jangan melawan sikap keras kepalanya, karena ia berdasarkan apa yang dilihatnya. Beri dia lebih banyak cinta dan pelukan.

9— Anak anda hiper-aktif?
Solusi: Sibukkan ia dengan kegiatan kinetik, banyak gerak yang positif. Kurangi asupan coklat, karena coklat meningkatkan vitalitas. Berikan ia tanggung jawab.

10— Anak anda sulit makan?
Solusi: Jangan dimarahi. Usahakan memberi makan dengan cara bermain atau perlombaan. Beri ia buah-buahan yang warnanya menarik.

11— Anak anda memukul (membully) adiknya?
Solusi: Jangan membanding-bandingkan ia dengan adiknya. Bagilah cinta anda kepada mereka dengan adil. Jangan menampakkan rasa cinta anda yang lebih kepada salah satunya terhadap yang lain.

12— Anak anda kecanduan games elektronik?
Solusi: Dampingi ia hingga ia mengurangi jam bermainnya. Jangan larang ia secara tiba-tiba. Itu justru membuatnya lebih kecanduan dari sebelumnya.

13— Anak anda mengucapkan kata-kata kotor?
Solusi: Jangan membentaknya, tetapi peringatkan ia dengan lembut, jelaskan kepadanya bahwa kebersihan lisan itu bagian dari kebersihan hati. Kemudian, cobalah cari tahu dari mana ia mendapatkan kata-kata kotor tersebut. (Agar bisa lebih diawasi pergaulannya).

14— Anak anda tidak mau sholat?
Solusi: Cintailah ia karena Allah, jelaskan bahwa segala nikmat, termasuk mainan dan permen yang ia beli dengan uang adalah nikmat dari Allah juga.

15— Anak anda suka menghisap jarinya, atau menggigit-gigit kukunya?
Solusi: Anak anda butuh rasa aman, ia sedang merasa takut akan sesuatu yang mengancamnya, atau rendah diri karena merasa dibanding-bandingkan.

16— Anak anda mudah marah?
Solusi: Jangan kurang perhatian, jangan membalasnya dengan amarah juga. Ajarkan ia untuk berwudhu saat marah. Katakan kepadanya: "Sabar yaa.. Ayo tenang dulu.. Agar kita bisa saling memahami".

‪____________
::

١- طفلك يكذب؟
الحل: اعطه الأمان ، فالطفل لا يكذب إلاّ إذا كان خائفا وتحت ضغط التهديد ، أشعره بالأمان ثمّ عزز لديه قيمة الصدق.

٢- طفلك عنيد؟
الحل: لا تعانده أثناء عناده فهو يطبق ما يرى. امنحه مزيدا من الحب والحضن.

٣- طفلك كثير الحركة؟
الحل: أشغله بأنشطة حركية، وليخفف من تناول الشوكلاته لأنّـها تزيد من حيويته، أعطه مسؤوليات.

٤- طفلك لا يأكل جيدا؟
الحل: لا تغضبه أبدا، حول تناوله للطعام إلى لعبة او منافسة، زيّن له الطعام بالفواكة الملونة.

٥- طفلك يضرب اخوانه الصغار؟
الحل: لا تقارنه بإخوانه الأصغر ، وليكن حبك لهم بالعدل ولا تظهر ميلان قلبك لأحد منهم على الآخر.

٦- طفلك مدمن الالعاب الالكترونية؟
الحل: تدرج معه حتى يقلل من ساعات اللعب ولا تحرمه فجأة فيقبل عليها بشغف أكثر من قبل.

٧- طفلك يتلفظ بألفاظ بذيئة؟
الحل: لا تصرخ عليه بل نبّه باللين وأخبره بأن نظافة اللسان من نظافة القلب وحاول معرفة المصدر.

٨- طفلك لا يصلّي؟
الحل: نحبّبه في اللّه ، نشعره بأنّ كلّ النعم بما فيها النقود الّتي يشتري بها الألعاب والحلوى هي من اللّه.


Selain itu, jangan lupa berdoa dan bermohon kepada Allah, agar anak-anak kita menjadi perhiasan yang menyenangkan, baik di dunia maupun di akhirat, Aaamiiin...

Semoga bermanfaat...

loading...

ADS

Resep Mendidik Anak, BAGIKAN KE SELURUH ORANG TUA!!
4/ 5
Oleh

loading...