Subhanallah!! Inilah 9 Manfaat Tidur Menyamping Ke Kanan Seperti yang Di Ajarkan Rasulullah ! Nomer 2 & 8 Luar Biasa !!

Subhanallah!! Inilah 9 Manfaat Tidur Menyamping Ke Kanan Seperti yang Di Ajarkan Rasulullah ! Nomer 2 & 8 Luar Biasa !!

loading...
loading...

9Trendingtopic – Mungkin sudah banyak yang tahu dari kita bahwanya Rasulullah memberi contoh pada kita agar tidur miring ke sebelah kanan atau bertumpu ke badan sebelah kanan. Ternyata posisi tidur seperti ini punya banyak manfaat hebat bagi kesehatan tubuh.

Rasulullah SAW bersabda:

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).
Berikut ini 9 manfaat tidur menyamping ke kanan.

1 Mengistirahatkan Otak Kiri

Dalam beraktivitas, bagian tubuh sebelah kanan umumnya mendominasi setiap gerakan. Namun, otak kirilah yang mempersarafi kerja bagian tubuh sebelah kanan tersebut. Dengan tidur menyamping ke kanan, kita mengistirahatkan otak kiri agar terhindar dari berbagai bahaya seperti pengendapan bekuan darah, lemak, asma sisa oksidasi dan penyempitan pembuluh darah. Dengan begitu, ketika kita terkena stroke, maka yang beresiko terkena stroke adalah otak bagian kanan, dengan akibat kelumpuhan di sebelah kiri (bagian yang tidak dominan digunakan).

2 Mengurangi Beban Jantung

Dengan tidur menyamping ke kanan, cairan tubuh termasuk darah dapat terdistribusi dan terkonsentrasi ke sebelah kanan, sehingga beban aliran darah yang keluar masuk jantung jadi lebih rendah, denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah menurun sehingga menghindari terjadinya hipertensi.

3 Mengistirahatkan Lambung

Lambung yang berbentuk seperti koma memiliki bagian ujung katup yang menghadap ke kanan bawah. Dengan tidur menyamping ke kanan, maka proses pengeluaran makanan yang telah dicerna oleh lambung dan bercampur asam lambung (chime) jadi lebih mudah dan proses pengosongan jadi lebih cepat.

4 Membantu Kerja Kantung Empedu dan Pankreas

Dengan lancarnya aliran chime, cairan empedu juga menjadi lebih mudah keluar dan mencegah pembentukan batu kandung empedu. Selain itu, getah pankreas juga bisa lebih mudah keluar jika tidur dengan posisi menyamping ke kanan.

5 Meningkatkan Waktu Penyerapan Zat Gizi

Pergerakan usus akan meningkat saat kita tidur. Dengan posisi tidur menyamping ke kanan, posisi usus halus hingga usus besar berada di bawah, sehingga penyerapan gizi dari makanan yang telah dicerna bisa menjadi lebih optimal.

6 Merangsang Buang Air Besar (BAB)

Tidur menyamping ke kanan juga dapat mempermudah proses pengisian usus besar sigmoid yang berada di sebelum anus akan menjadi lebih cepat penuh. Buang air yang lancar tentu akan membuat tubuh lebih sehat karena sampah tubuh terbuang lebih teratur.

7 Mengistirahatkan Kaki Kiri

Kaki kanan yang sering digunakan dalam beraktivitas menyebabkan kaki kiri menjadi pusat pembebanan tubuh. Dengan tidur menyamping ke kanan, kita bisa menghindari rasa pegal dan linu yang sering terasa di kaki kiri.

8 Menyehatkan Paru-Paru

Paru-paru kanan yang lebih besar dari paru-paru kiri akan menjadi tumpuan jantung ketika kita tidur menyamping ke kanan. Dengan begitu, paru-paru jadi lebih sehat dan seimbang.

9 Menjaga Saluran Pernapasan

Tidur menyamping ke kanan dapat menghindarkan kita dari tidur mendengkur, karena mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang menyebabkan gangguan saluran pernapasan. Gangguan ini biasanya terjadi jika kita tidur telentang.

ternyata manfaatnya sungguh hebat bukan... semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda pembaca...

sumber: dailymoslem.com
loading...

ADS

Subhanallah!! Inilah 9 Manfaat Tidur Menyamping Ke Kanan Seperti yang Di Ajarkan Rasulullah ! Nomer 2 & 8 Luar Biasa !!
4/ 5
Oleh

loading...