Sudah tau Belum Kapan Jam Terbaik bagi Otak untuk Berpikir Optimal?

Sudah tau Belum Kapan Jam Terbaik bagi Otak untuk Berpikir Optimal?

loading...
loading...
Otak merupakan organ penting yang menjadi pusat syaraf untuk mengatur seluruh gerakan perilaku dan fungsi tubuh homeostasis serta melatih emosi, ingatan dan motorik. Banyak yang menduga hanya tubuh yang dapat mengalami fluktuasi selama satu hari. Padahal otak manusia juga memiliki irama tersendiri dan ada waktu-waktu terbaiknya. Berikut ini adalah beberapa waktu tertentu yang mana seseorang bisa menjadi brilian dalam melakukan tugas-tugasnya.


1. Jam 7 sampai jam 9 pagi 

Pada periode pukul 7-9 pagi adalah waktu yang baik untuk meningkatkan ikatan hubungan dengan seseorang.  Menurut ahli saraf dari Rockefeller University, Ilia Karatsoreos, PhD pada rentang waktu ini  hormon cinta berada pada level tertinggi. Ini adalah saat yang tepat untuk memperkuat hubungan dengan orang-orang yang paling penting dalam hidup.  Luangkanlah waktu pada pagi hari bersama orang tercinta sebelum memulai aktivitas seharian.

2. Jam 9 pagi sampai 11 siang

Setelah puas menghabiskan waktu dengan orang tercinta, saatnya memulai aktivitas untuk menjalankan rutinitas seharian. Jam 9-11 merupakan waktu yang paling produktif untuk melakukan pekerjaan. Jika anda memiliki banyak agenda pekerjaan, usahakanlah diselesaikan pada waktu tersebut. Pasalnya pada periode rentang waktu tersebut otak mengeluarkan hormon kortisol (hormon stres) yang cukup, sehingga dapat membantu memfokuskan pikiran dan hal ini tidak dipengaruhi oleh usia berapapun.

3. Jam 11 sampai jam 2 siang

Periode jam 11 sampai jam 2 siang sangat cocok untuk melakukan tugas-tugas berat. Pada rentang ini, hormon melatonin (hormon tidur) telah menurun tajam sehingga manusia melakukan tugas yang sulit.

Namun sebaiknya tetap tidak melakukan beberapa tugas secara bersamaan, karena akan membuat seseorang kehilngan konsentrasi. Karena itu saatnya melakukan presentasi atau melakukan tugas yang berat lainnya.

4. Jam 2 sampai jam 3 siang

Inilah saat terbaik untuk istirahat siang. Setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran, maka pada jam ini anda perlu beristirahat. Pada jam ini adalah saat yang baik bagi tubuh untuk  mencerna makan siang. Tubuh akan menarik darah dari otak ke perut, kondisi ini akan membuat asupan darah atau oksigen ke otak sedikit berkurang yang membuat seseorang jadi mengantuk. Untuk itu cobalah beristirahat sebentar dari pekerjaan. Pada jam-jam inilah biasanya akan terasa kantuk yang begitu berat, cobalah untuk berjalan-jalan, melakukan meditasi atau minum air putih. Hal ini bisa meningkatkan volume vaskuler dan sirkulasi sehingga meningkatkan aliran darah ke otak.

5. Jam 3 siang sampai 6 sore 

Pada jam 3 sampai jam 6 sore otak benar-benar dalam kondisi lelah. Menurut neuropsikolog klinis,  Nussbaum, PhD mengatakan ini adalah saat terbaik untuk kolaborasi. Karena itu tak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dengan rekan kerja atau melakukan kegiatan yang berbeda. Meskipun otak tidak setajam waktu sebelumnya, tapi seseorang akan merasa lebih santai dan tekanan tubuhnya juga lebih rendah.

6. Jam 6 sore sampai 8 malam

Saat terbaik untuk melakukan tugas-tugas pribadi. Diantara jam tersebut, peneliti menemukan bahwa otak sudah masuk dalam tahap 'pemeliharaan', yaitu ketika produksi melatonin masih berada di level rendah. Tak ada salahnya untuk berjalan-jalan seorang diri atau bersama teman-teman, menyiapkan makan malam atau menikmati waktu yang berkualitas bersama anggota keluarga.

7. Jam 8 sampai jam 10 malam

Saat terbaik untuk bersantai. Pada saat ini ada transisi dari kondisi terjaga menjadi mengantuk, karena kadar hormon melatonin akan meningkat cepat. Sementara itu kadar serotonin (neurotransmitter yang berhubungan dengan semangat) akan memudar.

Rubin Naiman, PhD spesialis masalah tidur dari University of Arizona's Center for Integrative Medicine menuturkan sekitar 80 persen serotonin akan dirangsang dari paparan sinar matahari, sehingga jika matahari tenggelam kadar dalam dalam tubuh juga berkurang. unikbaca.com

"Pada malam hari ketika otak sudah lelah, merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh menjadi santai seperti menonton film lucu, merajut atau melakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh santai atau rileks," ujar Naiman.

8. Jam 10 malam ke atas

Saat terbaik untuk tidur dan menunda segala kegiatan. Saat ini merupakan waktunya istirahat malam dan tidur, pengaturan cahaya akan dapat membantu membiarkan otak beristirahat. Setelah beberapa jam, otak akan siap kembali untuk memulai aktivitas baru. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebanyak 7-8 jam, sehingga bisa mendapatkan kesehatan dan energi yang optimal di pagi hari.
loading...

ADS

Sudah tau Belum Kapan Jam Terbaik bagi Otak untuk Berpikir Optimal?
4/ 5
Oleh

2 comments

September 5, 2015 at 6:00 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
January 5, 2016 at 7:33 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

loading...